IMPLEMENTASI PROGRAM KOMUNITAS BACA TULIS (KOBATU) SMK NEGERI 2 TEGAL DI MASA PANDEMI

Authors

  • Fauziah Fauziah PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.532

Keywords:

komunitas baca tulis,, kompetensi,, puisi,, cerpen.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan bagaimana implementasi program kobatu untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menulis dan membaca karya sastra. (2) Mendeskripsikan bagaimana hasil dan dampak yang dicapai pasca implementasi program kobatu. (3) Mendekripsikan kendala apa saja yang terjadi pada pengimplementasian program kobatu. (4) Mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan implementasi program kobatu. Teknik pengumpulan data dalam penelian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, implementasi program kobatu untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menulis dan membaca karya sastra antara lain dengan perekrutan anggota, latihan atau sharing, dan launching produk. Hasil dan dampak yang dicapai pasca implementasi program kobatu antara lain peserta didik yang tergabung dalam anggota komunitas semakin meningkat kompetensinya dalam mencipta karya sastra yang diwujudkan dalam produk berupa antologi. Hal ini juga semakin membuat peserta didik lebih percaya diri. Selain itu, Kobatu dapat menjadi program unggulan sekolah dan diakui secara resmi oleh Perpusnas RI. Kendala yang terjadi pada pengimplementasian program kobatu tidak terlalu berarti, hanya masalah waktu latihan yang terbatas dan pemahaman peserta didik yang tidak sama. Faktor yang mendukung pelaksanaan implementasi program kobatu antara lain dari pihak sekolah, peserta didik, dan guru.

References

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, dan Ramadhan, S. (2019). “Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum Bahasa”. Jurnal Kembara, 5(1), hlm.108-118.

Kurnianingtyas, E. (2015). “Penerapan Teknik Copy the Master untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII-B MTS Darun Najah Petahunan Lumajang”. Jurnal Nosi, 2(8), hlm. 30- 40.

Mulyati, N.S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Media Audio Visual”. E-Jurnal Literasi, 1(1), hlm. 18-27.

Nurhayati, N. (2015). “Model Pembelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Teknik Brainwriting yang Berorientasi pada Kreativitas Siswa”. Jurnal Riksa Bahasa, 1(1), hlm.14-26.

Aryanta, K.A., Wendra, W., dan Artawan, I.G. (2012). “Penggunaan Teknik 5W+1H untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen melalui Membaca Kritis di Kelas VII C SMP Negeri 3 Singaraja”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Undiksha, 2(1), hlm. 1-1.

Aisyaturradiah, Nurjaya, I.G., dan Astika, I.M. (2014) “Penerapan Metode SQ3R Berbantuan Media Cerpen untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Gerokgak”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sasstra Indonesia Undiksha, 2(1), hlm.1-12.

Berti, Arti, (2019). “Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen dengan menggunakan Metode P2R dan Berpikir-Berpesangan-Berbagi”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), hlm.1234-1242.

Budiastuti, W., Mulyono, S., dan Hastuti, S. (2014). “Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis puisi dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basastra, 1(3), hlm. 573-582.

Laeli A.N., Wagiran, dan Suseno. (2014). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori dengan Media Gambar”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), hlm. 1-7.

Binol, Y.M., Karim, A., dan Efendi. 2017. “Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas IV SDN 05 Bunobogu”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), hlm.68-84.

Laguliga, S.A., Lembah, G., Nur, Y. (2017). “Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Sigi melalui Metode Cooperative Script”. Jurnal Bahasantondea, 5(3), hlm. 80-86.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Fauziah, F. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM KOMUNITAS BACA TULIS (KOBATU) SMK NEGERI 2 TEGAL DI MASA PANDEMI. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 61–66. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.532

Issue

Section

Articles