PERAN ORANG TUA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Nurul Firdaus Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
  • Evi Chamalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
  • Aida Azizah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.569

Keywords:

peran orang tua,, peningkatan prestasi,, pandemi Covid 19.

Abstract

Orang tua berperan penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan anak-anak mereka serta peningkatan prestasi siswa, karena induk peran dan tanggung jawab antara lain dapat diwujudkan dengan membimbing kelangsungan anak belajar di rumah sesuai dengan program yang telah dipelajari oleh anak-anak di sekolah belajar. peran orang tua juga sangat diperlukan utuk memberikan edukasi kepada anak – anaknya yang masih belum bisa memahami tentang pandemi yang sedang mewabah untuk tetap berdiam diri dirumah agar tidak terlular dan menularkan wabah pandemi ini. Motivasi akan terwujud dengan munculnya keinginan serta semangat yang tinggi untuk terus belajar. Motivasi dan informasi yang dimiliki anak sangat menentukan hasil belajar yang maksimal. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua terhadap peningkatan prestasi siswa di masa pandemi Covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi orang tua untuk anak tingkat SD sangat berpengaruh pada berkembangan pendidikan anaknya. Kontribusi itu berkaitan dengan motivasi, memberi arahan, dan memberi pendampingan belajar serta memberi sarana agar dapat tercapai keidealan dalam mendidik anak karena anak tingkat usia SD masih cenderung senang bermain sehingga perlu adanya kontrol orang tua, serta memiliki peran yang sangat besar selama terjadinya kegiatan pembelajaran di rumah untuk meningkatkan prestasi anak.

References

Hariyati, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak dari Rumah pada Kelas I SD Muhammadiyah I Muntilan Selama Pandemi Covid-19[Other, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang]. http://eprintslib.ummgl.ac.id/2216/

Hero dan Sni. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 131.

Hoerunnisa, Alin. dkk. (2019). The Effectiveness of the Use of E-Learning in Multimedia Classes to Improve Vocational Students' Learning Achievement and Motivation. Journal of Educational Technology, 123-137. doi: 10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137.

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Kompas.Com.

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance. The ARSC Mode Approach. Spinger.

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun., Hascaryo Pramudibyanto, Barokah Widuroyekti. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (01), 41-48.

Khalimah, S. N. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021[PeerReviewed]. IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9839/

Kurnianto dan Rahmawati. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 4.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196.

Valeza, Alsi R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung.

WS. Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 1996.

Xie, Kui. dkk. (2006). Extending The Traditional Classroom Through Online Discussion: The Role of Student Motivation. Journal Educational Computing Research, 67-89.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Firdaus, N. ., Chamalah, E. ., & Azizah, A. . (2021). PERAN ORANG TUA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 77–83. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.569

Issue

Section

Articles