ASPEK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL BULAN & BINTANG KARYA ITSMEINDRIYA
DOI:
https://doi.org/10.46772/semantika.v3i02.594Keywords:
Aspek sosial, nilai pendidikan, novel Bulan BintangAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek sosial dan nilai pendidikan yang terdapat pada novel Bulan & Bintang Karya Itsmeindriya dan menjelaskan implikasi hasil pembelajaran di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah bentuk kalimat-kalimat yang terdapat pada novel Bulan & Bintang Karya Itsmeindriya. Wujud data penelitian ini berupa wacana yang menggambarkan aspek sosial dan nilai pendidikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik penyajian analisis data menggunakan teknik deskriptif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik penyajian analisis data menggunakan teknik deskriptif.Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek sosial dan nilai pendidikan terdapat jumlah data sebanyak 42 data dan itu terbagi menjadi 13 aspek sosial yang meliputi, 1) Aspek Budaya 5 data, Aspek Masyarakat 1 data, Aspek Politik 1 data, Aspek Adat Istidat 1 data, Aspek Norma 2 data, Aspek Idiologi 1 data, Aspek Agama 2 data, dan nilai pendidikan dalam novel Bulan & Bintang Karya Itsmeindriya yang memiliki data sebanyak 29 data dan terbagi menjadi 8 nilai pendidikan karakter, yaitu: Nilai Religius 7 data, Nilai jujur 2 data, Nilai kerja keras 1 data, Nilai mandiri 1 data, Nilai rasa ingin tahu 8 data, Nilai bersahabat dan komunikatif 8 data, Nilai peduli sosial 3 data, Tanggung Jawab 1 data.
References
Amaliani,Shofi, Leli Triana, dan Agus Riyanto, “Alih Kode dan Campur Kode pada Proses Belajar Di TK Pertiwi Longkeyang dan Implikasinya”, Jurnal Skripta., vol 6, no 2, 2020, [Online]. Available: https://journal.upy.ac.id/index.php/skripta/article/view/900
Thesa, Khodiyo, “Penggunaan Alih Kode dalam percakapan pada jaringan whatsapp oleh mahasiswa knb yang berkuliah di Universitas Sebelas Maret”, Journal of Linguistic, vol 2, no 1, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/pjl/article/download/1720/10076
Munandar, Aris. “Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Terminal Mallengkeri Kota Makasar. Jurnal Eprint, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/pjl/article/download/1720/10076
Kholifah Umi dan Haryadi, “Wujud Pilihan Kode Tutur Mahasiswa Aceh pada Ranah Pergaulan di Semarang”, Jurnal Seloka. vol 6, no 2, 2017, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id
Indriyani, Yekti, “Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli Di Pasar Prembun Kabupaten Kebumen (Sebuah Kajian Sosiolinguistik)”, Jurnal Bahtera, vol 6, no 12, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/bahtera/article/view/6032
Henaulu, Maryam dkk, “Alih Kode dan Campur Kode Penjual dan Pembeli Di Pasar Tradisional Namlea”, Jurnal LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusatraan, vol 15, no 1, 2020, [Online]. Available: https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/loa/article/view/2170
Fadilah, Efi, Pandan Yudhapramesti, Nindi Arist, “Podcast Sebagai Alternatif Distribusi Konten Audi”, Jurnal Kajian Jurnalisme, vol 1, no 1, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.unpad.ac.id/kajian-jurnalisme/article/view/10562
Meleong, Lexy J., “Metodologi penelitian kualitatif”, 2017, PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Muhammad, “Metode Penelitian Bahasa”, 2011, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.
Haryati, Alih Kode dan Campur Kode percakapan dalam film Ketika Cinta Bertasbih dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, Universitas Pancasakti Tegal, 2018, Tegal.