PERAN INFOMASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PADA MATERI TELAAH SASTRA DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Denik Wirawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
  • Hasrul Rahman Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i02.617

Keywords:

Peran informasi digital, pembelajaran membaca, telaah sastra

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menjabarkan proses pembelajaran yang menggunakan informasi digital, proses pembelajaran ini pada masa pandemic covit 19. Salah satu mata kuliah yang dijabarkan menggunakan teknologi digital adalah kelas keterampilan pada ranah keterampilan membaca. Keterampilan membaca pada materi membaca telaah sastra merupakan salah satu yang membutuhkan peran informasi digital. Dalam penelitian ini menjabarkan keterkaitan peran informasi digital dalam proses pembelajaran. Mahasiswa lebih antusias dalam proses pembelajaran membaca telaah sastra dengan melibatkan teknologi di dalamnya. Pandemic covit sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan khususnya dalam proses belajar. Sehingga didalam penelitian ini mengangkat peran digital seperti beberapa aplikasi yang menjadi solusi kesulitan proses belajar dan untuk mengatasi kejenuhan. Dunia Pendidikan akan maju apabila peran pengajar besar dalam meningkatkan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan. Hasil dari penelitian ini adalah respon positif dari mahasiswa terhadap teknologi yang dipakai dalam proses belajar. Dengan teknologi ini dosen juga akan lebih mudah menyampaikan materi dan evaluasi. Evaluasi bisa lebih cepat dalam melihat hasil nilai yang sudah dikerjakan mahasiswa. Dunia Pendidikan di era 4.0 ini tidak akan lepas dari teknologi, oleh sebab itu peran digital sangatlah penting.

References

M. Sagita and Khairunnisa, “Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik di Era Digital 4.0 Utilization of E-Learning For Educators In Digital Era 4.0,” J. Sos. Hum., vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2019.

R. Setiyani, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” J. Pendidik. Ekon. dan Din. Pendidikan--3, vol. 2, pp. 117–133, 2010, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/61217-ID-pemanfaatan-internet-sebagai-sumber-bela.pdf.

Afrizal, Metode Penelitian kualitatif. Depok: Rajagrafindo Persada, 2019.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D,” 2016.

B. P. Sitepu and I. Lestari, “Pelaksaaan Rencana Pembelajaran Semester Dalam Proses PPembelajaran di Perguruan Tinggi,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 32 No 2, 2018, doi: https://doi.org/10.21009/PIP.321.6.

Dalman, Keterampilan Membaca. Jakarta: Grafindo Persada, 2017.

S. dan A. M. S. Pradoko, Pedagogi Kritis Bagi Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Charissa Publisher, 2018.

E. T. Priyatni, Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

S. A. dan C. Juditha, Media Digital dan Perubahan Budaya Komunikasi. Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2019.

N. Hidayat and H. Khotimah, “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran,” JPPGuseda | J. Pendidik. Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 10–15, 2019, doi: 10.33751/jppguseda.v2i1.988.

A. Syukur Ghazali, Pembelajaran Katerampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

N. Juniartini and I. Rasna, “Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs. Indones., vol. 9, pp. 133–144, 2020, [Online]. Available: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3537/pdf.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Wirawati, D. ., & Rahman, H. . (2022). PERAN INFOMASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PADA MATERI TELAAH SASTRA DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(02), 159–165. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i02.617

Issue

Section

Articles