KEEFEKTIFAN METODE TIME TOKEN ARENDS DAN MIND MAPPING DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI
DOI:
https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.82Keywords:
Metode Time Token Arends, Metode Mind Mapping, Menulis Teks EksposisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode Time Token Arends terhadap hasil belajar menulis teks eksposisi, untuk mendeskripsikan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar menulis teks eksposisi, dan untuk mendeskripsikan yang lebih efektif antara dua metode tersebut terhadap hasil belajar menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wanasari. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ekperimen semu yang menggunakan desain posttest control group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIPA 3 sebagai eksperimen II. Diperoleh hasil penelitian dari kedua kelas eksperimen tersebut yaitu, rata-rata hasil belajar menulis teks eksposisi menggunakan metode time token arends sebesar 82,56, sedangkan rata-rata hasil menulis teks eksposisi menggunakan metode mind mapping sebesar 76,64. Hasil analisis statistik menunjukan bahwa nilai signifikasi yang diperoleh thitung 2,930 > ttabel 1,714. Dapat disimpulkan bahwa metode time token arends lebih efektif dari pada metode mind mapping terhadap hasil belajar menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wanasari.