PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA SASTRA LEGENDA BERMUATAN MULTIKULTURAL

Authors

  • Hany Uswatun Nisa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.83

Keywords:

buku pengayaan, membaca sastra legenda, multicultural

Abstract

Buku pengayaan merupakan komponen yang sangat penting yang digunakan guru dalam pembelajaran. Buku pengayaan yang baik dapat membantu peserta didik dalam kecendrungan dititikberatkan hanya ada satu buku pengayaan. Padahal banyak pilihan sumber buku yang dapat digunakan. Pembelajaran membaca sastra legenda merupakan salah satu kompetensi dasar dalam kurikulum sekolah menegah pertama (SMP) kelas VIII. Maka dari itu perlu pengembangan buku pengayaan membaca sastra legenda. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui keefektifan penggunaan buku pengayaan membaca sastra legenda berkonteks multikultural untuk peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Reseach and Development). Hasil uji keefektifan membaca sastra legenda berkonteks multicultural menyatakan buku ini efektif digunakan dengan berdasarkan hasil uji t di SMP N 1 ketanggungan, nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Artinya kedua perlakuan tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Dengan kata lain hasil postes lebih baik daripada pretes yaitu 88,79 dibandingkan nilai rata-rata pretest yaitu 69,88.

Downloads

Published

2019-08-29

How to Cite

Uswatun Nisa, H. (2019). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA SASTRA LEGENDA BERMUATAN MULTIKULTURAL. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.83

Issue

Section

Articles