AFIKSASI DALAM RUBRIK DESTINASI MAJALAH DERAP GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERITA KELAS VIII SMP

Authors

  • Hanindya Restu Aulia Universitas Pekalongan
  • Erwan Kustriyono Universitas Pekalongan
  • Yulita Rohmah Ristani
  • Putri Putri

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.884

Keywords:

afiksasi, wacana, pembelajaran berita

Abstract

Penggunaan bahasa yang digunakan dalam komunikasi lisan dan tulis berbeda. Diperlukan penghayatan yang mendalam dan referensi penggunaan bahasa sesuai tata bahasa. Proses afiksasi merupakan salah satu tata bahasa yang harus dikuasai dalam penggunaan bahasa oleh pengguna bahasa agar dapat melakukan komunikasi secara efektif. Penulisan wacana, terutama teks berita dalam rubrik Destinasi majalah Derap Guru menuntut editor dapat melakukan komunikasi tulis secara efektif sehingga dapat menyampaikan informasi secara akurat dan komunikatif. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian mengenai proses afiksasi dalam rubrik Destinasi majalah Derap Guru yang dapat digunakan sebagai salah satu referensi dalam penggunaan bahasa. Kemudian implikasi dari hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaran berita yang dilakukan di kelas VIII SMP. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Kajian diulas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengkaji afiksasi dalam rubrik Destinasi majalah Derap Guru edisi bulan Mei hingga Oktober 2020 dan implikasinya dengan pembelajaran berita kelas VIII SMP. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka penelitian ini dapat disimpulkan, sebagai berikut: Pertama, berdasarkan hasil penelitian di atas ditemukan tiga jenis afiksasi, yaitu prefiks, sufiks, dan konfiks dalam rubrik Destinasai majalah Derap Guru edisi bulan Mei hingga Oktober 2020 berjuml;ah 58 data dengan rinciannya yaitu 20 data yang dikenai konfiks, 19 data yang dikenai sufiks, dan 19 data yang dikenai prefiks. Kedua, Afiksasi dalam rubrik Destinasi majalah Derap Guru dan implikasinya pada pembelajaran berita yang dilakukan di kelas VIII SMP yaitu dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP, khususnya dalam pembelajaran teks berita tentang Kompetensi Dasar 3.2. Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Berita.

 

References

Depdiknas, UU RI Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003.

M. Sufanti, Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakta: Yuma Pustaka, 2014.

Soeparno, Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 2013.

J. W. M. Verhaar, Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Pers, 2012.

Ramlan, Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: U.P. Karyono., 2012.

I. Setiawati, “ANALISIS PENGULANGAN KATA DALAM TEKS BERITA KARYA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017. [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

L. Isfanti, “Proses Morfologis Dalam Rubrik Opini Pada Surat Kabar Kompas Edisi Jumat, 26 Desember 2014 Sebagai Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA Kelas XII,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

N. Fatimah, “Reduplikasi di Harian Kompas dan Implikasinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Turdjai, “PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA,” Triadik, vol. 15, no. 02, pp. 17–29, 2016.

U. Maulana, “Kesalahan Berbahasa Aspek Morfologi dalam Kolom Berita PendidikanMedia Online Kompos.Netdan Implikasinya dengan Pembelajaran Membuat Teks Berita di Kelas XII,” Universitas Pekalongan, 2019.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Restu Aulia, H., Kustriyono, E., Ristani, Y. R. ., & Putri, P. (2023). AFIKSASI DALAM RUBRIK DESTINASI MAJALAH DERAP GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERITA KELAS VIII SMP. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(02), 09–14. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.884

Issue

Section

Articles