ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA

Authors

  • Putriyanasari Universitas Muhadi Setiabudi
  • Ghufroni Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hernan Khaliki Universitas Muhadi Setiabudi
  • Bella Indriyani Putri Universitas Muhadi Setiabudi
  • Uswatun Khasanah Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.940

Keywords:

Nilai Moral, Novel Layar Terkembang, Tokoh

Abstract

Layar Terkembang adalah novel yang termasuk dalam novel Sutan Takdir Alisjahbana dan diterbitkan pertama kali pada tahun 1937 oleh Balai Pustaka. Novel itu berkisah tentang dua bersaudara antara Tuti dan Maria yang sama-sama mahasiswa kedokteran Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral yang berkaitan dengan manusia dan Tuhan, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, dan hubungan manusia dengan manusia dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana. Penelitian ini kami menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat yaitu dengan cara menyimak dan membaca Novel Layar Terkembang. Dari penelitian tersebut ditemukan 3 nilai moral yaitu 1) nilai moral hubungan manusia dengan tuhan tentang mempertanyakan tentang agama dan bertakwa kepada tuhan 2) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendri terdiri dari 9 sikap yaitu, semangat, jujur, tidaak mudah kagum,sikap toleransi, sikap disiplin, kerja keras, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu 3) nilai moral hubungan manusia dengan manusia yang terdiri dari 3 sikap yaitu, sangat mencintai maria, sangat menyayangi yusuf, selalu menyemangati dan menghibur maria, dan kasih sayang dan perhatian seorang ayah pada anaknya.

References

N. S. Andani, R. P. Raharjo, And T. Indarti, “Kritik Sosial Dan Nilai Moral Individu Tokoh Utama Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori”.

K. K. Mar’ati And W. Setiawati, “Analisis Nilai Moral Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata,” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), Vol. 2, No. 4, Pp. 659–666, 2019.

“Nilai-Nilai Moral Dalam Tokoh Utama Pada Novel Satin Merah Karya Brahmanto Anindito Dan Rie Yanti.”

E. W. Rahma, U. Ni’matul Muyassaroh, A. Siti, And F. Bahiyyah, “Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Analisis Nilai Moral Pada Tokoh Utama Wanita Dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan,” Vol. 1, No. 3, Pp. 152–157, 2022.

S. M. Putri, I. Mustika, And A. Priyanto, “Analisis Nilai Moral Dalam Film Negeri 5 Menara Yang Diadaptasi Dari Novel Karya A. Fuadi,” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), Vol. 3, No. 1, Pp. 337–350, 2020.

E. Setyawati, “Analisis Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar (Pendekatan Pragmatik),” J Chem Inf Model, Vol. 53, No. 9, Pp. 1689–1699, 2013.

M. Eliastuti, “Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Novel ‘Kembang Turi’ Karya Budi Sardjono,” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 8, No. 1, 2018.

G. Ghufroni, “Kajian Struktural, Sosial, Budaya, Agama, Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Harimau! Harimau! Karya Mochtar Lubis,” Jurnal Ilmiah Semantika, Vol. 1, No. 02, Pp. 51–59, 2020.

G. Ghufroni, P. Y. Kurniawan, R. R. Yono, And M. W. A. Hakim, “Keefektifan Penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Apresiasi Dan Kajian Drama Berbasis Kebudayaan Brebes,” Jurnal Ilmiah Semantika, Vol. 2, No. 01, 2020.

A. Nurfadlila, “Analisis Konflik Batin Antartokoh Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S Chudori Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Novel Bagi Peserta Didik Kelas Xii Di Sma,” Webinar Jurnalistik 2021, Pp. 21–31, 2021.

Alisyahbana, S. T. (1995). Layar Terkembang. 263.

Lizawati. (2016). Pendidikan Karakter Tokoh wanita Dalam Novel Layar Terkembang karya Sultan Takdir Alisjahbana. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 116–127.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Putriyanasari, Ghufroni, Khaliki, H., Indriyani Putri, B. ., & Khasanah, U. . (2023). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(02), 44–50. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.940

Issue

Section

Articles