BENTUK DAN FUNGSI GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM ACARA SOMASI DI YOUTUBE

Authors

  • Ali Reza Ali Reza Universitas Pekalongan
  • Dina Nurmalisa Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.986

Keywords:

gaya bahasa sindiran, komedi, somasi di Youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi gaya bahasa sindiran dalam acara Somasi di Youtube. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data berupa kata, kalimat dan wacana yang diujarkan komedian dalam acara Somasi yang diduga mengandung gaya bahasa sindiran, diambil melalui teknik purposive sampling, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Ditemukan bahwa dalam acara Somasi penutur menggunakan gaya bahasa sindiran, yaitu ironi, sinisme, dan sarkasme. Selain itu, fungsi gaya bahasa sindiran dalam acara Somasi adalah fungsi kritik, menegur, menyadarkan, dan mengejek. Penyampaian sindiran dan kritik dalam acara tersebut menyinggung pemerintahan, tokoh publik, sosial, sara dan isu yang sedang hangat. Dari acara Somasi dapat dilihat bahwa komedi tidak hanya sebagai humor untuk menciptakan kelucuan saja, tetapi juga sebagai media penyampai keresahan, kritik, penolakan dan ketidak sepakatan yang semuanya dibalut dengan kemasan yang menarik, seperti bahasa, cara bercerita dan humornya.

References

Tarigan, H. G, Pengajaran Gaya Bahasa, 2009, Angkasa, Bandung.

Yono & Mulyani. 2017. Majas dan citraan dalam novel Kerling Si Janda Karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Jurnal Seloka:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2).

Setiyaningsih, Ika, Ragam Gaya Bahasa, 2019, PT. Penerbit Intan Pariwara, Yogyakarta.

Fitriana, Anggun, Gaya Bahasa Sindiran dalam Acara Sentilan Sentilun di Metro Tv episode september 2015, Skripsi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2016, Purwokerto.

Isrowati, Nunung, Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran dalam Acara Stand Up Comedy Show di Stasiun Televisi Metro TV bulan oktober 2016 dan penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK, Skripsi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2017, Purwokerto.

Erwin, Eni, Riza, “Gaya Bahasa Peserta Stand Up Comedy Piala DPRD Pacitan”, 2020, [Online]. Available: http://repository.stkippacitan.ac.id

Reski, Ulfa, Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Stand Up Comedy Abdur di Youtube, Skripsi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2021, Makassar.

Dilla, Frisca, “Pemakaian Gaya Bahasa Sindiran sebagai bentuk kritik sosial dalam acara Mata Najwa di Trans 7”, Metalingua, vol. 19 No. 2, Desember 2021: 235-246, [Online]. Available: metalingua.kemedikbud.go.id

Irfan, Moh. Fatih, Analisis Gaya Bahasa Sindiran dalam akun Twitter Ustadz Tengku Zulkarnain, Skripsi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, 2019, Malang.

Marjan, Saleh, Azis, “Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran dalam Webtoon Pak Guru Inyong karya Anggoro Ihank”, ISSN: 2720-9377, 2021 [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/indonesia

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, 2007, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2013, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Yono, Robert Rizki, Stilistika Sebuah Kajian Dalam Prosa, 2023, Lakeisha, Klaten.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Ali Reza, A. R., & Dina Nurmalisa. (2023). BENTUK DAN FUNGSI GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM ACARA SOMASI DI YOUTUBE. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(02), 32–43. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.986

Issue

Section

Articles