Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Isi Piringku Sebagai Media Edukasi Gizi Untuk Anak Sekolah di SDN Jember Lor 1
DOI:
https://doi.org/10.46772/jigk.v5i02.1411Keywords:
Isi Piringku, Permainan Ular Tangga, Siswa Sekolah DasarAbstract
Masalah gizi yang terjadi di usia anak sekolah merupakan salah satu dampak dari ketidakseimbangan antara asupan dan juga pengeluaran zat gizi. Akibat ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran zat gizi dapat menimbulkan masalah gizi pada anak usia sekolah. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah gizi pada anak usia sekolah adalah dengan memberikan suatu edukasi berupa media. Salah satu contoh media yang bisa digunakan untuk edukasi gizi adalah media permainan ular tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permainan ular tangga Isi Piringku sebagai media edukasi gizi untuk anak sekolah di SDN Jember Lor 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyzee, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa SDN Jember Lor 1 kelas VD dengan jumlah 27 siswa. Subjek penelitian ini diambil dengan menggukan teknik Total Sampling. Hasil dari uji validasi materi mendapatkan nilai 92% dengan hasil kategori sangat baik dan hasil dari uji validasi media mendapatkan nilai 95% dengan hasil kategori sangat baik. Pada tahap uji daya terima siswa, diperoleh hasil sebesar 99,25% dengan hasil kategori respon positif. Berdasarkan analisis data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media permainan ular tangga yang sudah dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media edukasi gizi terkait materi isi piringku.
References
Sa’adah, Herman, & Sastri. Hubungani Status Gizii dengani Prestasii Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kotai Padangpanjang. Jurnal KesehatannAndalas, 2014;3(3), 460–465. https://doi.org/10.25077/jka.v3i3.176h
Balitbang Kemenkes RI. Hasil Utama Riskesdas; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI. 2018;2013:110-9.
Balitbang Kemenkes RI. Laporan Nasional Jakarta; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI. 2018;2013:110-9.
Adiba & Supriyadi. Efektivitas Permainan Ular Tangga Sebagai Media Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Siswa di SDN Landungsari 1 Kabupaten Malang. Preventia: The Indonesian Journal of Public Health, 2020;5(1),1-7. http://dx.doi.org/10.17977/um044v5i1p1-7
Hardinsyah & Supariasa. Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Jakarta : Buku Kedokteran EGC ; 2016.
Zuhriyah. Konsumsi Energi, Protein, Aktivitas Fisik, Pengetahuan Gizi Dengan Status Gizi Siswa SDN Dukuhsari Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Gizi UNESSA, 2021;1 (1).
Dinalar, Sulandjari, & Purwidiani. Pengembangan Media Permainan Makan Sehat Yuk! Sebagai Pengenalan Slogan Isi Piringku Pada Siswa Usia Sekolah Dasar. 2020;9(2), 785–794.
Safitri. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Ceramah dani Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan. Skripsi Undip, 2016;5(4), 374–380
KEMENKES RI. Pedoman Gizi Seimbang. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tentang Pedoman Gizi Seimbang, 2014;–96.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan iR&D. Bandung: Alfabeta 2017.
Tegeh, M. Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu. 2014
Putri, A. Pengembangan Media Ular Tanggai Tentang Jajanan Sehat Sebagai Media Edukasi Untuk Anak Sekolah Di SDN 01 Winongo Madiun. Skripsi. Program Studi Gizi Klinik Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember. 2022.
Rosaliza, M. Sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitatif. Jurnal ilmu budaya, 2016;11(2), 71-79 https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099
Rochman. Analisis SWT dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Islami Yogyakarta). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2019;3(1): 36–52.