Analisis Kualitas Makanan dan Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Karyawan pada Penyelenggaraan Makan Siang di PT.Arteria Daya Mulia Cirebon

Authors

  • Cherlynda Nur`'ain Program Studi Ilmu Gizi, FIKES, Universitas Jenderal Soedirman
  • Indah Nuraeni Program Studi Ilmu Gizi, FIKES, Universitas Jenderal Soedirman
  • Izzati Nur Khoiriani Program Studi Ilmu Gizi, FIKES, Universitas Jenderal Soedirman https://orcid.org/0000-0001-5979-7382

DOI:

https://doi.org/10.46772/jigk.v6i02.1561

Keywords:

kepuasan karyawan, kualitas makanan, kualitas pelayanan

Abstract

Latar Belakang: Penyelenggaraan makanan karyawan pada industri dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Keberhasilan penyelenggaraan makanan di perusahaan dapat dilihat dari kepuasan karyawan terhadap kualitas makanan dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas makanan dan pelayanan terhadap tingkat kepuasan karyawan pada penyelenggaraan makan siang di PT Arteria Daya Mulia. Metode: Desain penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional, jumlah sampel 94 responden diambil secara purposive sampling. Kualitas makanan, kualitas pelayanan dan kepuasan karyawan diukur dengan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil Penelitian: PT Arteria Daya Mulia memiliki kantin yang menyediakan makanan untuk karyawannya yang dikelola oleh perusahaannya sendiri. Sebanyak 72,3% responden berjenis kelamin laki-laki, 34% responden berusia 40-49 tahun, 79,8% responden memiliki pendidikan terakhir SMA/SMK, dan  53,2% responden bekerja <10 tahun. Sebanyak 55,3% responden menilai kualitas makanan yang disajikan baik,  72,3% responden menilai kualitas pelayanan yang diberikan baik dan 78,7% responden merasa puas. Hasil uji Chi Square menunjukkan ada hubungan kualitas makanan(p=0,000) dan kualitas pelayanan(p=0,000) terhadap tingkat kepuasan karyawan pada penyelenggaraan makan siang di PT Arteria Daya Mulia Cirebon. Kesimpulan: Terdapat hubungan kualitas makanan dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan karyawan pada penyelenggaraan makan siang.

References

Basri B. Sitem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Jakarta; 2018.

Munawwaroh M, Soelistyorini D, Bakri B. Penyelenggaraan Makanan Karyawan di PT . Prima

Alloy Steel Universal Tbk. (Analisis Pola Menu, Standar Porsi, Ketersediaan Energi dan Zat Gizi

, serta Kepuasan Konsumen ). 2019;

PGRS. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan RI; 2013.

Tjiptono F. Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian. ke-3. Yogyakarta: Andi; 2014.

Zhong and moon hee cheol. Physical Environment Quality, and the Moderating. Mdpi.

;9(4):1–16.

Hastuti DD. Hubungan Antara Lama Kerja Dengan Kelelahan Pada Pekerja Kontruksi Di PT. Nusa

Raya Cipta Semarang. Skripsi. 2015;154.

Nareswara AS. Hubungan kepuasan pasien dari kualitas makanan rumah sakit dengan sisa makanan

di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indonesia. 2017;1(1):34.

Herawati N. Analisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian dan kepuasan

konsumen rumah makan nasi timbel saung merak bogor. 2012.

Desak Ketut Ratna Dewi, I, W, dkk (2016) 'Pengaruh Kompensasi, Pendidikan Dan Senioritas

Terhadap Produktivitas Kerja Di Lingkungan Dinas Kebersihan Dan Petamanan Kota Surakarta'.

Jurnal Ilmiah Dayasaing Vol 3 No 2

Nurrachmah, L. (2016) ‘Tingkat Kepuasan Karyawan Terhadap Penyelenggaraan Makan Siang di

PT Findora Internusa’, Poltekkes Kemenkes Bandung, Jurusan Gizi, p. 46.

Ndaru Prasastono, Sri Yulianto dan Fajar Pradapta. 2012. Kualitas Ptoduk Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Dinamika

Kepariwisataan, vol 9, no 2

Rahmawati, N. (2018) Tingkat Kepuasan Santri Terhadap Kualitas Dan Layanan Makanan Di

Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ronitawati, P. and Simangunsong, D. W. T. (2016) ‘… Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Penyelenggaraan Makanan di Kantin Universitas Esa

Unggul’, Nutrire Diaita, 8(2), pp. 66–70.

Wulansari, A., Setyawan, B., & Sinaga, T. (2013). Penyelenggaraan makanan dan tingkat kepuasan

konsumen di kantin Zea Mays Institut Pertanian Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan, 151-158.

Moehyi, S. (1992) Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. Jakarta: Bhatara.

Wijaya, W. (2017) ‘Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya’, Jurnal Hospitality

dan Manajemen Jasa, (2002), pp. 581–594.

Osman, A. R., Hossain, T. and Sarkar, J. B. (2018) ‘Investigating university students’ satisfaction

with on-campus cafeteria services: an empirical study in perspective of private university’, Asian

Journal of Empirical Research, 8(6), pp. 225–237. doi:

18488/journal.1007/2018.8.6/1007.6.225.237.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Nur`'ain, C., Nuraeni, I., & Nur Khoiriani, I. (2024). Analisis Kualitas Makanan dan Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Karyawan pada Penyelenggaraan Makan Siang di PT.Arteria Daya Mulia Cirebon. Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan (JIGK), 6(01), 1–7. https://doi.org/10.46772/jigk.v6i02.1561

Issue

Section

Articles