Analisis Kualitas Makanan dan Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Karyawan pada Penyelenggaraan Makan Siang di PT.Arteria Daya Mulia Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.46772/jigk.v6i02.1561Keywords:
kepuasan karyawan, kualitas makanan, kualitas pelayananAbstract
Latar Belakang: Penyelenggaraan makanan karyawan pada industri dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Keberhasilan penyelenggaraan makanan di perusahaan dapat dilihat dari kepuasan karyawan terhadap kualitas makanan dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas makanan dan pelayanan terhadap tingkat kepuasan karyawan pada penyelenggaraan makan siang di PT Arteria Daya Mulia. Metode: Desain penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional, jumlah sampel 94 responden diambil secara purposive sampling. Kualitas makanan, kualitas pelayanan dan kepuasan karyawan diukur dengan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil Penelitian: PT Arteria Daya Mulia memiliki kantin yang menyediakan makanan untuk karyawannya yang dikelola oleh perusahaannya sendiri. Sebanyak 72,3% responden berjenis kelamin laki-laki, 34% responden berusia 40-49 tahun, 79,8% responden memiliki pendidikan terakhir SMA/SMK, dan 53,2% responden bekerja <10 tahun. Sebanyak 55,3% responden menilai kualitas makanan yang disajikan baik, 72,3% responden menilai kualitas pelayanan yang diberikan baik dan 78,7% responden merasa puas. Hasil uji Chi Square menunjukkan ada hubungan kualitas makanan(p=0,000) dan kualitas pelayanan(p=0,000) terhadap tingkat kepuasan karyawan pada penyelenggaraan makan siang di PT Arteria Daya Mulia Cirebon. Kesimpulan: Terdapat hubungan kualitas makanan dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan karyawan pada penyelenggaraan makan siang.
References
Basri B. Sitem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Jakarta; 2018.
Munawwaroh M, Soelistyorini D, Bakri B. Penyelenggaraan Makanan Karyawan di PT . Prima
Alloy Steel Universal Tbk. (Analisis Pola Menu, Standar Porsi, Ketersediaan Energi dan Zat Gizi
, serta Kepuasan Konsumen ). 2019;
PGRS. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan RI; 2013.
Tjiptono F. Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian. ke-3. Yogyakarta: Andi; 2014.
Zhong and moon hee cheol. Physical Environment Quality, and the Moderating. Mdpi.
;9(4):1–16.
Hastuti DD. Hubungan Antara Lama Kerja Dengan Kelelahan Pada Pekerja Kontruksi Di PT. Nusa
Raya Cipta Semarang. Skripsi. 2015;154.
Nareswara AS. Hubungan kepuasan pasien dari kualitas makanan rumah sakit dengan sisa makanan
di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indonesia. 2017;1(1):34.
Herawati N. Analisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian dan kepuasan
konsumen rumah makan nasi timbel saung merak bogor. 2012.
Desak Ketut Ratna Dewi, I, W, dkk (2016) 'Pengaruh Kompensasi, Pendidikan Dan Senioritas
Terhadap Produktivitas Kerja Di Lingkungan Dinas Kebersihan Dan Petamanan Kota Surakarta'.
Jurnal Ilmiah Dayasaing Vol 3 No 2
Nurrachmah, L. (2016) ‘Tingkat Kepuasan Karyawan Terhadap Penyelenggaraan Makan Siang di
PT Findora Internusa’, Poltekkes Kemenkes Bandung, Jurusan Gizi, p. 46.
Ndaru Prasastono, Sri Yulianto dan Fajar Pradapta. 2012. Kualitas Ptoduk Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Dinamika
Kepariwisataan, vol 9, no 2
Rahmawati, N. (2018) Tingkat Kepuasan Santri Terhadap Kualitas Dan Layanan Makanan Di
Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ronitawati, P. and Simangunsong, D. W. T. (2016) ‘… Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Penyelenggaraan Makanan di Kantin Universitas Esa
Unggul’, Nutrire Diaita, 8(2), pp. 66–70.
Wulansari, A., Setyawan, B., & Sinaga, T. (2013). Penyelenggaraan makanan dan tingkat kepuasan
konsumen di kantin Zea Mays Institut Pertanian Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan, 151-158.
Moehyi, S. (1992) Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. Jakarta: Bhatara.
Wijaya, W. (2017) ‘Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya’, Jurnal Hospitality
dan Manajemen Jasa, (2002), pp. 581–594.
Osman, A. R., Hossain, T. and Sarkar, J. B. (2018) ‘Investigating university students’ satisfaction
with on-campus cafeteria services: an empirical study in perspective of private university’, Asian
Journal of Empirical Research, 8(6), pp. 225–237. doi:
18488/journal.1007/2018.8.6/1007.6.225.237.