Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Pola Pembelian Di Starcomp Jogja
Main Article Content
Abstract
Toko Starcomp Jogja adalah salah satu toko yang bergerak dalam bidang bisnis yakni melakukan penjualan produk-produk Komputer, dimana Toko ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan. Maka Dengan itu pihak toko dapat memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah disimpan sebelumnya dalam bentuk kertas atau yang telah disimpan dalam database agar kedepannya pihak Toko Starcomp Jogja dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan tentang produk Komputer yang sering dibeli. Cara mengetahui produk Komputer yang dibeli secara bersamaan, pihak toko dapat menggunakan aturan asosiasi, yang merupakan teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi dan kombinasi antar item. Proses pencarian asosiasi menggunakan bantuan algoritma apriori untuk menghasilkan pola kombinasi item dan aturan sebagai pengetahuan dan informasi penting dari data transaksi penjualan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam bentuk aplikasi untuk menganalisis pola belanja di mana pola yang dihasilkan dapat digunakan sebagai rekomendasi dalam menentukan strategi penjualan oleh toko Starcomp Jogja kedepan
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Tsuboi, Kazuaki., Suga, Satoshi., Kuriha, Satoshi., 2017, Hierarchical Pattern Mining
Based On Swarm Intelligence, GECCO’17 : Proceedings of the Genetic and
Evolutionary Computation Conference Companion, pp.47-48, [online] available at:
https://dl.acm.org/doi/pdf/10.1145/3067695.3082038
Tampubolon, Kennedi., Saragih, Hoga., Reza, Bobby., 2013, Implementasi Data Mining
Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan, Majalah Ilmiah
Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), No.1 Vol.1, pp.93-106, [online] available at:
http://vokasi.uho.ac.id/tekniksipil/assets/download/15121204230717.%20Jurnal%20Kenendy.pdf
Buulolo, Efori., 2013, Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat
(Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan), Pelita Informatika Budi Darma,
No.1 Vol.IV, pp.71-83, [online] available at:
https://www.researchgate.net/profile/Efori_Buulolo/publication/312495968_IMPLEMEN
TASI_ALGORITMA_APRIORI_PADA_SISTEM_PERSEDIAAN_OBAT_STUDI_KA
SUS_APOTIK_RUMAH_SAKIT_ESTOMIHI_MEDAN/links/587f3eb808ae9a860ff688
Tamba, S.J., Bu’ulolo, E., 2019, Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan
Buah-Buahan (Studi Kasus: Lotte Mart Wholesale Medan), Jurnal Pelita Informatika,
No.4 Vol.18, pp.616-621, [online] available at: https://ejurnal.stmikbudidarma.ac.id/index.php/pelita/article/view/1842/1427
Djamaludin, Irsyad., Nursikuwagus, Agus., 2017, Analisis Pola Pembelian Konsumen
Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori, Jurnal SIMETRIS – Jurnal
Teknik Industri, Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, No.2 Vol.8, pp.671-678, [online]
available at: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/1566/1116
Riszky, A.R., Sadikin, M., 2019, Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk
Rekomendasi Produk bagi Pelanggan, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, No.3
Vol.7, pp.103-108, [online] available at:
https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/13234
Ishak, Riswandi., 2017, Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Karyawan
Menggunakan Metode Profile Matching dan Analytical Hierarchy Process Pada PT.
Sunny Collection, Perspektif – Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana
Informatika, No.2 Vol.15, pp.136-146, [online] available at:
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2092/1621
Turban, E. et all, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems 7nd Edition,
Prentice Hall.
Mustofa, Reza., Irhamah., 2019, Topic Discovery pada Jurnal-Jurnal di IEEE Explore
menggunakan Association Rule Mining dengan Pendekatan Closed Frequent Itemset,
Jurnal Sains dan Seni ITS, No.2 Vol.8, pp.D.365-D372, [online] available at:
http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/43653/5930
Wulandari, Ratih., Mursidah, Ichsani., 2019, Pola Pembelian Produk Berdasarkan
Association Rule Data Mining, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi
STI&K (SeNTIK), No.1 Vol.3, pp.265-270, [online] available at: http://ejournal.jakstik.ac.id/index.php/sentik/article/viewFile/2713/2172
Yakub, S., et all., 2019, Penerapan Data Mining Pengaturan Pola Tata Letak Barang Pada
Berkah Swalayan Untuk Strategi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori, J-SISKO
TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, No.1 Vol.2, pp.69-
, [online] available at: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/article/view/91/44
Pahlevi, O., Sugandi, A., Sintawati, I.D., 2018, Penerapan Algoritma Apriori Dalam
pengendalian Kualitas Produk, SINKRON – Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, No.1
Vo.3, pp.272-278, [online] available at:
http://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/download/200/132
Fahrudin, N.F., 2019, Penerapan Algoritma Apriori Untuk Market Basket Analysis,
MIND Journal, No.1 Vol.IV, pp.01-11, [online] available at:
https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/mindjournal/article/download/3150/2018