Pengaruh Biaya Produksi, Harga dan Biaya Promosi Terhadap Omzet Penjualan
(Studi Kasus: Industri Opak Desa Malahayu)
DOI:
https://doi.org/10.46772/jacfin.v1i02.373Keywords:
Biaya Produksi, Harga, Biaya Promosi, Omzet PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya produksi, harga, dan biaya promosi terhadap omzet penjualan pada Industri opak desa malahayu. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah pembukuan berkaitan dengan biaya produksi opak, harga, biaya promosi, dan omzet penjualan Industri opak desa malahayu. Sampel dalam penelitian ini adalah bagian dari jumlah populasi Industri opak desa malahayu pada periode 2019 sampai 2020. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis data menggunakan program SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Biaya Produksi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap omzet penjualan. 2) Harga berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap omzet penjualan. 3) Biaya promosi berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap omzet penjualan. 4) Biaya produksi, harga dan biaya promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan