Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM Menggunakan Facebook sebagai Upaya Menaikkan Tingkat Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v4i01.1192Keywords:
Pemasaran, UMKM, Facebook, Tingkat PenjualanAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman UMKM tentang penggunaan Facebook sebagai platform pemasaran serta sebagai upaya menaikkan tingkat penjualan produk dari Kedai Sumber Rejeki Sugiarti di Desa Kranggan. Penelitian ini bertujuan juga untuk menguji efektivitas sosialisasi pemasaran menggunakan Facebook dalam meningkatkan daya jual Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam era digital saat ini, media sosial, seperti Facebook, telah menjadi platform yang populer dan berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia bisnis. Oleh karena itu, penggunaan Facebook sebagai alat pemasaran bagi UMKM menjadi semakin relevan. Dalam upaya edukasi ini, UMKM akan dipandu untuk memahami potensi platform Facebook sebagai media pemasaran yang efektif. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada Ibu Sugiarti selaku pemilik dan para karyawan Kedai Sumber Rejeki Sugiarti tentang mudahnya menggunakan platform digital sebagai media pemasaran produknya. Tim pengabdian memberikan pelatihan dengan materi tentang penjelasan digital marketing,kelebihan dan kekurangan digital marketing,serta pelatihan dalam pengelolaan media social. Hasil kegiatan pengabdain ini memberikan tambahan wawasan kepada UMKM tentang pemasaran lewat digital platform dalam hal ini facebook sehingga diharapkan ada peningkatan penjualan produk.
References
Alshaf Pebrianggara, & Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-38-9
Ayesha, I., Pratama, I. W. A., & Hasan, S. (2020). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual).
Buku UMKM (Krisna & Nuratama, 2021).pdf. (n.d.).
lsp. (2023, January 5). Pengertian pemasaran Menurut Para Ahli. LSP Digital Marketing. https://lspdigitalmarketing.id/pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli/
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. 10(2).
Sugiarti, E., Marayasa, I. N., Wartono, T., Prasetyo, H., & Sari, R. (2021). Upaya Pembentukan Karakter Pemuda dalam Pendidikan terhadap Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 115. https://doi.org/10.32493/ABMAS.v2i2.p115-124.y2021
Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2019). Peranan Kompetensi SDM UMKM dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang.