Pelatihan Penerapan Model Transformasi Teks Cerita ke Bentuk Cerita Bergambar Bagi Guru SMK

Authors

  • Titin Setiartin Universitas Siliwangi
  • Iis Lisnawati Universitas Siliwangi
  • Agi Ahmad Ginanjar Universitas Siliwangi
  • Aveny Septi Astriani Universitas Siliwangi
  • Ega Madani Universitas Siliwangi
  • Jembar Pangestu Universitas Siliwangi
  • Ades Yuliandari Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v4i01.1311

Keywords:

membaca apresiasi sastra, model pembelajaran, transformasi bentuk cerita bergambar, teks sastra

Abstract

Membaca apresiasi sastra merupakan salah satu kegiatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan. Pembelajaran membaca apresiatif di SMK dinilai berbagai kalangan, masih kurang optimal, terutama dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang cocok untuk peserta didik SMK. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini dilakukan pelatihan “Penerapan Model Pembelajaran Transformasi Teks Cerita Rakyat melalui Penguatan Bentuk Cerita Bergambar (Komik). Model  pembelajaran ini sangat membantu peserta didik dalam memunculkan potensi membaca kritis dan menulis kreatif mengubah cerita menjadi komik secara menyenangkan. Selanjutnya kreasi peserta didik berupa komik akan diujicobakan menjadi cerita animasi dengan menggunakan teknik sparkol. Pelatihan penerapan model pembelajaran transformasi teks cerita rakyat diberikan kepada Guru-Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kota Tasikmalaya. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan wawasan dan keterampilan menyusun scenario pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Transformasi Teks Cerita Rakyat ke dalam Bentuk Cerita Bergambar  (TTCRBCB).

References

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach. Belajar untuk Mengajar. Buku Satu Terjemahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam efektif di smk nurul yaqin sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 74–88.

Bunanta, Murti. (2004). Buku, Mendongeng, dan Minat Membaca. Jakarta : Pustaka Tangga

Culler, Jonatahan. (2000). Literary Theory A Verry Short Introduction. New York: by Oxford University Press Inc.

Depdiknas. (2005). Kelompok Kerja Pengembang Bahasa Indonesia SMK Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Iser, Wolfgang. (1987). The Act of Reading. Baltimore and London: The Johns Hopkins University Press.

Joyce, Bruce dan Marsha Weil. (1986) Models of Teaching. Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall. Inc. Englewood Cliffs.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2023). Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. [daring] tersedia di: https://dapo.kemdikbud.go.id/guru/2/026800 diakses pada April 2023.

Ndapaloka, V., Hardyanto, W., & Prihatin, T. (2016). Pengaruh supervisi akademik pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah melalui motivasi berprestasi sebagai mediasi terhadap kinerja guru SMK negeri kabupaten ende. Educational Management, 5(1), 42–54

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 31.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113.

Ruslan, T. S. (2017). Perwujudan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Membaca Yang Apresiatif Di SMK Kelas XII. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 3(2).

Sarumpaet, R. K. T., & Eyre, R. (2016). Berpikir Tentang Pembangunan Karakter Anak: Bacaan Anak Indonesia? 1. Seminar Nasional Sastra Anak, 1–169.

Setiartin, Titin. (2017). Aesthetic-Receptive and Critical-Creative in Appreciative Reading. Journal of Education Teaching and Learning. 2(2), 117-120

Setiartin R., Titin, Jojo Nuryanto, Ipah Muzdalipah. (2017). Transformation: Learning Model to Read Appreciatively. 2(1),94-99.

Sundusiah, S., & Yulianeta, H. (2009). Transformasi Sastra Klasik menjadi Komik Sebagai Sarana Pendidikan Sastra Anak. Naskah Konferensi Kesustraan Internasional XX Himpunan Sarjana Kesustraan Indonesia, 6–8.

Syamsuddin AR dan Vismaia S. Damaianti. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (2011). Membaca Ekspresif. Bandung: Penerbit Angkasa.

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Setiartin, T., Lisnawati, I., Ginanjar, A. A., Astriani, A. S., Madani, E., Pangestu, J., & Yuliandari, A. (2023). Pelatihan Penerapan Model Transformasi Teks Cerita ke Bentuk Cerita Bergambar Bagi Guru SMK . JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(01), 74–83. https://doi.org/10.46772/jamu.v4i01.1311

Issue

Section

Articles