Pendampingan Pengembangan Usaha Produksi Telur Asin “MAETA” di Desa Bulu Petarukan
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v4i01.1315Keywords:
Pendampingan, Pengembangan Usaha, Telur Asin MaetaAbstract
Kuliah Kerja Usaha (KKU) Kelompok 12 bertempat di sebuah UMKM yang bergerak dalam bidang usaha Telur Asin. Tujuan dari Kegiatan KKU ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada di UMKM, serta berupaya untuk memberi alternatif solusi. Beberapa permasalahan yang ada antara lain yaitu belum memiliki izin usaha, belum memiliki akun media sosial, belum memiliki alamat di Google Maps, belum memiliki logo, belum memiliki desain kemasan, belum memiliki banner, belum memiliki plang arah UMKM, belum memiliki profil usaha, belum memiliki struktur organisasi, dan belum memiliki media promosi dalam bentuk video. Analisis dan pengaplikasian program KKU oleh kelompok 12 pada usaha Telur Asin Maeta bermanfaat bagi pemilik UMKM karena kegiatan KKU ini menghasilkan izin usaha, akun media sosial, alamat di Google Maps, logo usaha, stiker kemasan, banner, plang arah UMKM, profil usaha, struktur organisasi, dan media promosi dalam bentuk video.
References
Akmalia, A., & Azzahra, C. A. (2022). Daya Saing UMKM Emping Melinjo Melalui Pelatihan Pencatatan Keuangan dan Pembuatan Papan Identitas Usaha. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian, 4(2), 1701–1710.
Budiarto, F. N. R., Amelia, K. S., Arindawati, S., Mawardhany, S. K., Belangi, H. A., Mas’udah, K. W., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha ( NIB ) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–124.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
Hamidah, Q. R., Sejati, A. T. P., & Mujahidah, A. Z. (2019). The Development of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Tecnology to Deal with The Industrial Revolution 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1), 345. https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.38431
Indy, A., Wibisono, N., & Hardiyanto, N. (2021). Proyek Perancangan Video Promosi sebagai Upaya untuk Meningkatkan Brand Awareness Kreuz Bike Indonesia di Instagram. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 4–5.
Lestari, A. S., Wahyuningsih, N., Maharani, N., Sanjaya, L., Putra, A. P., & Khomariah, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 887(3), 2022.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Nf Mufreni, A. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus teh Hijau Serbuk Tocha). Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54.
Nurlia. (2019). Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Pengukuran Kualitas Pelayanan (Perbandingan Antara Ekspektasi/Harapan Dengan Hasil Kerja). Meraja Journal, 2(2), 53–58.
Palahudin, N. A. R., Maulana, A., Ria, A. M., Septyani, D. A., Setianingrum, D. W., Muhamad, R. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Unggul melalui Inovasi Pemasaran dan Optimalisasi Digital Marketing di Desa Banjarwaru Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor (Studi Kasus: UMKM Makyusss dan UMKM Happy Cake & Cookies). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(7), 579–586. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i7.1490
Purwianti, L., Nadhia, A. P., Halim, A., Baharudin, M., & Wiyandi, W. (2021). Perancangan Advertising Melalui Pembuatan Video Menu Terbaru Umkm pada Media Online. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 122–127.
Setiawati, T., Damanik, I. H., & Sya’dian, T. (2020). Perancangan Branding Logo “Fadillah Food.” PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 5(2), 198–208. https://doi.org/10.22303/proporsi.5.2.2020.198-208
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Wihel, K., Sofia, S., & Mufti, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Santripreneur dengan Tema Pelatihan Pengolahan Ubi Jalar di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ( MAN IC ) Sorong, 3(2), 120–128.
Undari, W., & Lubis, A., S. (2021). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.702