Pelatihan Penyusunan Bahasa Ajar Berbasis Gambar Ilustrasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gayamsari Semarang

Authors

  • Khusnul Fajriyah Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Lina Putriyanti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1417

Keywords:

pelatihan, bahan ajar, gambar ilustrasi

Abstract

Kebijakan implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar mendorong perubahan paradigma dan pengembangan model baru pada level pembelajaran di kelas. Permasalahan yang dialami oleh mitra guru Sekolah dasar yang paling urgent adalah belum memiliki kompetensi dalam mengembangkan beberapa komponen pengembangan modul ajar, pembelajaran berdiferensiasi, serta bahan ajar yang selaras dengan kurikulum merdeka. Tindak lanjut dari situasi tersebut adalah perlunya menyelenggarakan pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis gambar ilustrasi bagi guru sekolah dasar melalui forum KKG. Berdasarkan observasi dan angket pelaksanaan pelatihan diperoleh hasil bahwa (1) pada tahap pra pelatihan peserta diminta memetakan atau memilih satu materi yang dianggap sulit dan perlu dibuatkan bahan ajar; (2) pada tahap pelatihan, peserta dapat mengikuti dengan baik terbukti dengan antusiasme peserta untuk mengikuti alur pembuatan bahan ajar yang disampaikan narasumber; (3) pada tahap pendampingan, peserta mampu menyusun bahan ajar dan ada beberapa peserta yang meminta bimbingan jika terjadi kesulitan; dan (4) pada tahap evaluasi, peserta menilai kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat karena sesuai dengan kebutuhan peserta dan peserta akan mengembangkan bahan ajar secara mandiri untuk topik atau materi yang lain.

References

Al Rasyid, H. (2015). Fungsi Kelompo Kerja Guru (KKG) Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, https://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1355 .

Holilah, d. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Canva sebagai Sarana Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Digital yang Kreatif dan Inovatif di SDN 1 Ciuyah Lebak Banten. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, https://jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/372 .

Kemendikbud. (2022). Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. Jakarta: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka”. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392 .

Nafiah, d. (2023). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Flipbook dengan Aplikasi Canva bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Journal of Community enggagment , https://ukinstitute.org/journals/ib/article/view/5114.

Permendikbudristek. (2022). Peraturan Meneteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Penilaian Buku Pendidikan. Jakarta: Kemendikbudristek.

Raharjo, J. F., & Karimah, N. I. (2021). Pelatihan e-learning dan pembuatan buku ajar digital bagi peningkatan peran guru millenial. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).

Saepudin, A., & Umisara, E. (2020). The Supporting of Schemata as Integrated Strategy in Reading Literacy: A Qualitative Study. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 31-39.

Suharti, E. (2021). Pelatihan Media Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Palaran. Kalimantan Timur: Universitas Mulawarman.

Supriady, D. d. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru SMP di Kota Bandar Lampung. Jurnal Abdimas; Sakai Sambayan, http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/372.

Wahyudi, A. ( 2022). “ Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS”. JESS: Journal Education Social Science, https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/epi/article/view/6092.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Fajriyah, K., Priyanto, W., Untari, M. F. A., & Putriyanti, L. (2024). Pelatihan Penyusunan Bahasa Ajar Berbasis Gambar Ilustrasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gayamsari Semarang. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 100–107. https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1417

Issue

Section

Articles