Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Pelatihan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Singopuran 03

Authors

  • Afnan Rosyidi STMIK AMIKOM Surakarta
  • Moch. Hari Purwidiantoro STMIK AMIKOM Surakarta
  • Nina Dewi Lashwaty STMIK AMIKOM Surakarta
  • Tinuk Agustin STMIK AMIKOM Surakarta
  • Siti Rihastuti STMIK AMIKOM Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1450

Keywords:

media pembelajaran, interaktif, power point, guru

Abstract

SDN Singopuran 03 yang memiliki lokasi dekat kampus STMIK Amikom Surakarta memiliki masalah bahwa semua ruang kelas telah dilengkapi dengan LCD dan setiap guru dibekali dengan sebuah laptop tetapi hanya sedikit guru yang telah mampu menggunakan power point sebagai media pembelajaran. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan skill para guru SDN Singopuran 03 dalam menggunakan power point sebagai media pembelajaran interaktif. Digunakan perencanaan, observasi dan wawancara sebagai metode dalam melaksanakan kegiatan PKM. Hasil yang diperoleh para peserta menjadi lebih memahami pentingnya penggunaan media pembelajaran interaktif power point dalam kegiatan belajar mengajar. Pada saat pelatihan semua peserta langsung melaksansakan instruksi pemateri dalam tutorial pembuatan powerr point. Saat pelatihan berakhir para peserta dinilai telah mampu menerapkan pembelajaran interaktif menggunakan power point dalam pembuatan materi bagi siswa.

References

AP, M. U., Setiyoko, D. T., Sunarsih, D., & Sholihah, S. (2022). Sosialisasi Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal bagi Guru. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 113-119.

Indrastoeti, J., Poerwanti, S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Microsoft Power Point Pada Guru-Guru Sekolah Dasar (Optimization of Interactive Learning Media Using Microsoft Power Point on Primary Teacher ). Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaanmasyarakat, 2(2), 265–271.

Irfan, Muhiddin, & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint Konsep Organ Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27.

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mira, M., & Putri, A. S. (2022). Pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Elementary, 5(1), 41. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6469

Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54.

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Suprayekti, S. (2011). Integrasi Teknologi Ke Dalam Kurikulum. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(XV), 204–209. https://doi.org/10.21009/pip.242.9

Umisara, E., Mutaqin, A., & Hidayah, S. U. N. (2023). Development of Educational Augmented Reality Game as English Language Learning Media with Character Education Values. Wahana, 75(2), 73-86.

Widiyanti, S., & Rosna, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Di Bimbel Salsabila Donohudan Boyolali. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 404–413.

Widodo, H., Cahyadi, N. T., Cahyadi, N. T., Sari, D. P., & Sari, D. P. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint pada Siswa Kelas VI C SD Negeri 064025 Medan. Al-Irsyad, 11(1), 155. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9505

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Rosyidi, A., Purwidiantoro, M. H., Lashwaty, N. D., Agustin, T., & Rihastuti, S. (2024). Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Pelatihan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Singopuran 03 . JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 84 – 90. https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1450

Issue

Section

Articles