Pengembangan Keterampilan Professional Grooming melalui Program Pelatihan Guru Tamu bagi Siswa SMK

Authors

  • Shinta Laura Dewani Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1454

Keywords:

guru tamu, pelatihan, professional grooming, SMK

Abstract

Salah satu kompetensi penting dari siswa SMK sebagai sekolah berbasis keahlian adalah professional grooming. Kegiatan penelitian dan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berpenampilan dan bersikap professional sebagai langkah awal untuk menuju dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA). Kegiatan ini diikuti oleh 114 siswa dan 3 guru dari jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMKN 2 Kediri. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Selain bersifat pengabdian ilmu kepada masyarakat melalui bidang pendidikan, kegiatan ini juga memadukan masukan dari pihak sekolah melalui wawancara. Penulis juga melakukan dokumentasi dan observasi partisipatif lengkap (complete participation) dimana dalam observasi ini penulis akan terlibat sepenuhnya terhadap apa yang dilakukan siswa sebagai peserta pelatihan, sedangkan metode pelatihannya menggunakan metode Active Learning Class. Temuan yang didapat adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan siswa dalam professional grooming yang berguna bagi siswa untuk mepresentasikan citra diri terbaik dari segi penampilan maupun sikap professional juga menciptakan pondasi kuat untuk kesuksesan karier jangka panjang di masa depan.

References

Cahyo, A. N. (2019). Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar teraktual dan terpopuler.

Farishta, S., Ejaz, H., Iqbal, S., Iqbal, F., Zaman, T., & Khan, S. A. (2016). Professional grooming of nurses: comparison between public and private sector hospitals of Peshawar, Pakistan. Pakistan Journal of Public Health, 6(2).

Febianti, Y. N., Putri, D. P., & Kurniati, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Digital Bagi Guru Paud dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 47-52.

Firdaus, F. (2018). Manfaat Guru Tamu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK YPTN Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 205–216.

Fitriana, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Pelajar melalui Pelatihan Grooming dalam Tourism Goes to School. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 172–180.

Halm, J. N. (2020). Professional Grooming. In Customer Service Management in Africa (pp. 287–297). Productivity Press.

Meifilina, A., & Andari, B. (2023). Peningkatan Kemampuan Public Speaking dan Grooming pada Forum Remaja Desa Sumberingin, Kecamatan Sanan Kulon, Kabupaten Blitar: Improving Public Speaking and Grooming Skills at the Sumberingin Village Youth Forum, Sanan Kulon District, Blitar Regency. Journal of Indonesian Society Empowerment, 1(1), 33–38.

Mustaqimmah, N. (2022). A Capacity Building (Komunikasi Efektif dan Pengembangan Diri) Bagi Mahasiswa STEI Iqra Annisa. JDISTIRA-Jurnal Pengabdian Inovasi Dan Teknologi Kepada Masyarakat, 2(1), 37–42.

Mustaqimmah, N., Ahda, M. H., Lestari, S. S., Restia, N. D., Arif, M., & Fadhli, M. (2022). Pelatihan Komunikasi Efektif dan Pengembangan Kepribadian Bagi Karyawan Museum Balairung Siak. JDISTIRA-Jurnal Pengabdian Inovasi Dan Teknologi Kepada Masyarakat, 2(2), 122–129.

Nasrulmillah, T. A., & Hidayati, R. A. (2021). Pelaksanaan Pelatihan Karyawan Di PT. Kimia Farma Wilayah Jember. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2043–2050.

Nugrahaningsih, W., Marginingsih, M., & Aggraini, O. E. (2023). Pelatihan Pembuatan Perjanjian dalam Bahasa Inggris pada Bisnis Rintisan bagi Siswa SMK Negeri 6 Surakarta. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27–33.

Pinner, R. (2019). Authenticity and teacher-student motivational synergy: A narrative of language teaching. Routledge.

Rani, S., Hussain, M., Afzal, M., & Gillani, S. (2019). The infuence of personal characteristics of preceptor on professional grooming of nursing students. International Journal of Medical Research & Health Sciences, 8(5), 86–95.

Siambaton, E. (2015). Etika dan etiket profesi sekretaris profesional. EPIGRAM (e-Journal), 12(1).

Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Woodhouse, J. (2015). Personal grooming (beyond hygiene): a grounded theory study.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Dewani, S. L. (2024). Pengembangan Keterampilan Professional Grooming melalui Program Pelatihan Guru Tamu bagi Siswa SMK. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 114–124. https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1454

Issue

Section

Articles