Optimalisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Obyek Wisata Janti Park Kabupaten Klaten
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1461Keywords:
optimalisasi, media sosial, pemasaran digital, janti parkAbstract
Optimalisasi media sosial perlu dilakukan untuk memaksimalkan peran promosi guna menggaet seluruh audience yang ada di media sosial tersebut. Proses optimalisasi media sosial inilah yang jarang diketahui oleh tim marketing yang ada di daerah guna mengangkat potensi wisata didaerahnya, Hal ini pula yang terjadi pada obyek wisata janti park, proses promosi yang masih mengandalkan baliho, brosur dan pesan dari mulut kemulut, membuat pengunjung yang berdatangan ke obyek wisata janti park selama ini hanya wilayah Klaten dan Sekitarnya. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mengoptimalkan peran media sosial sebagai strategi pemasaran digital obyek wisata janti park. Metode yang digunakan selama proses kegiatan kepada masyarakat ini yaitu observasi dan diskusi. Hasil dari optimalisasi yang dilakukan menghasilkan total 10 konten facebook, 28 konten instagram, 14 konten tiktok, peningkatan jumlah follower sebanyak 3020 follower instagram, dan jumlah view diatas 10.000 view tiktok.
References
Abdul Aziz, R. (2020). E-Book Digital Marketing Content. E-Book Digital Marketing, 14.
Amin, M., Setiawan, H., Fajri, F., Ardiansyah, M., Ramadan, M. W. N., Sofia, S., & Rahayu, A. (2023). Peningkatan Santripreneur dengan Tema Penerapan Bauran Pemasaran Bolu Mangrove di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Sorong. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 111-119.
Ariyani, N. (2022). Pengembangan Digital Marketing Wisata Boyolayar-Kedung Ombo Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(5), 202–210. https://doi.org/10.59818/jpm.v2i5.281
Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085
Fatimah, F., Arfianty, A., Nurwani, N., Tarawiru, Y., & Harun, H. (2022). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 melalui Kegiatan Pengenalan Go-Digital bagi UMKM di Kelurahan Ujung Sabbang Kecamatan Ujung Kota Parepare. MALLOMO: Journal of Community Service, 2(2), 89–93. https://doi.org/10.55678/mallomo.v2i2.732
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2), 176–187. https://doi.org/10.25139/jkp.v4i2.2987
Parwoto, P., Widadi, S., & Mukti, G. H. (2022). Digital Marketing Untuk Optimalisasi Promosi Bumdes. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1319–1327. https://doi.org/10.18196/ppm.44.903
Permatasari1, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Bagi Umkm Di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 91. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.91-99
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–
https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i1.590
We Are Social Meltwater. (2023). Digital 2023 Report. Meltwater, 213.