Pelatihan Penggunaan Game Edukasi AR untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri Luwungbata 02

Authors

  • elinda umisara universitas muhadi setiabudi
  • slamet bambang riono Universitas Muhadi Setiabudi
  • Tri Linda Antika Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhamad Toha universitas Muhadi Setiabudi
  • Siti Ulin Nuril Hidayah universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1471

Keywords:

Game AR, Guru, Sekolah Dasar, Bahasa Inggris, Pelatihan

Abstract

Pengabdian Masyarakat dengan judul "Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Pelatihan Penggunaan Game Edukasi AR bagi Guru SD Negeri Luwungbata 02" dilaksanakan untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (SD), khususnya di SDN Luwungbata 02. Dengan menggali permasalahan yang meliputi keterbatasan sumber daya, kesiapan guru terhadap teknologi modern, dan kebutuhan akan metode pembelajaran yang menarik, pengabdian ini menawarkan solusi berupa pelatihan intensif dan pendampingan kepada guru-guru dalam mengintegrasikan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran. Melalui pendekatan holistik ini, pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa, mendapatkan dukungan dari guru, mengembangkan media pembelajaran, dan melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap dampak program. Hasil dari implementasi solusi ini menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan game AR, meningkatnya minat dan pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris. Dengan demikian, pengabdian ini tidak hanya memberikan kontribusi pada kualitas pembelajaran di SDN Luwungbata 02, tetapi juga berpotensi untuk menjadi model bagi pengembangan penggunaan teknologi dalam pendidikan dasar secara luas.

References

Chen, A., Wang, B., & Huang, H. (2019). Challenges and opportunities of English teaching in primary schools: Teachers’ perceptions and responses. Language Teaching Research, 23(3), 328–352.

Harjono, A., & Widjaja, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Surya Kencana, 2(1), 39–47.

Johnson, L., Adams, S., & Cummins, M. (2012). NMC Horizon Report: 2012 K-12 Edition. The New Media Consortium.

Rahman, O. S., Aisyah, S., & Nurjannah, N. (2021). Pendampingan Guru Bahasa Inggris Di Pesantren Manarussalam Hidayatullah Dalam Mengembangkan Materi Ajar Berbasis Project Based Learning Berkarakter Akhlaqul Karimah. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).

Suparman. (2021). Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 102–114.

Susanti, E., & Nurhidayati, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Game Edukasi Berbasis Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 702–708.

Suryadi, A. (2020). Pengembangan Game Edukasi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Jurnal PAJ (Pendidikan Anak Usia Dini), 10(1), 29–40.

Umisara, E., Mutaqin, A., & Hidayah, S. U. N. (2023). Development of Educational Augmented Reality Game as English Language Learning Media with Character Education Values. Wahana, 75(2), 73-86.

Wu, C. W., Lee, M. C., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities, and challenges of augmented reality in education. Computers & Education, 62, 41–49.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

umisara, elinda, riono, slamet bambang, Antika, T. L., Toha, M., & Hidayah, S. U. N. (2024). Pelatihan Penggunaan Game Edukasi AR untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri Luwungbata 02. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 125–130. https://doi.org/10.46772/jamu.v4i02.1471

Issue

Section

Articles