Implementasi Media Gambar Fotografi dalam Meningkatkan Karakter Sosial Siswa Kelas 3 SD Islam Al-Khoiriyyah Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v5i01.1515Keywords:
Karakter, Media Gambar, PendidikanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini merupakan perencanaan sebagai cara efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan mengimplementasikan media gambar kedalam kurikulum pedndidikan. Untuk penggunaan media gambar ini akan memberikan pembelajaran dengan memiliki kesan yang sangat menyenangkan, melalui kegitan ini siswa dapat secara bebas mengekspresikan ide-ide mereka melalui media gambar, sehingga dapat membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan kreatif siswa. Tidak hanya itu, implementasi media gambar dalam dunia pendidikan telah menunjukkan potensi besar terhadap pemahaman siswa dan dapat mengembangkan karakter sosial siswa. Melalui media gambar ini siswa tidak hanya belajar keterampilan artistik, tetapi juga mengembangkan karakter sosial yang tidak kalah pentingnya untuk sosial mereka. Melalui media gambar siswa SD Islam Al-Khoiriyyah dapat menyampaikan ide-ide dengan cara kreatif sehingga dapat dapat mengembangkan rasa toleransi dan rasa empati terhadap teman-temannya,bentuk rasa empati seperti selalu melaporkan pelaku bullying di dalam maupum di luar kelas kepada guru, serta merangkul korban bullying, tidak hanya itu mereka selalu antusisas disaat salah satu dari mereka sedang kesusahan. Melalui penggunaan metode PTK, dapat sangat membantu tenaga pendidik dalam membangun serta meningkatkatkan karakteristik siswa, karena juga tertariknya siswa terhadap pembelajaran melalui media gambar yang sangat menarik bagi mereka. Hasil dari penelitian ini bahwa implementasi media gambar memiliki pengaruh yang positif dan menujukkan bahwa aktifitas pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang dapat merangsang imajinasi siswa, serta memberikan siswa kesempatan dalam mengekspresikan diri melalui media gambar.
References
Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1)
Cahyono, A. B. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Fotografi dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(1), 67-78.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Maulana, I., Setiawan, H. R., & Umisara, E. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan berbantuan platform Assemblr Edu. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 5(01), 30-36.
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM (Ed.), Badan Penerbit UNM. 2022. badanpenerbitunm.ac.id
Shoffa, S. (2021). Buku Media Pembelajaran. In R. yani sriwardona (Ed.), Bintang Sutabaya (Issue January). CV.Afasa Pustaka.
Sari, N. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Fotografi terhadap Kemampuan Empati Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 45-54. (sari, 2021)
Utami, R. D. (2022). Peningkatan Keterampilan Kerja Sama Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Fotografi di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 12-21.