Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan berbantuan platform Assemblr Edu
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v5i01.1650Keywords:
Augmented Reality, Assemblr Edu, Pengabdian Masyarakat, Media PembelajaranAbstract
Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan forum kolaboratif yang penting bagi para guru untuk berbagi pengetahuan, meningkatkan kompetensi, dan mendapatkan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Penggunaan AR sebagai media pembelajaran memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas proses belaj ar mengajar. Metode PkM yang digunakan yaitu sosialisasi dan pelatihan. Langkah-langkah pengabdian meliputi: persiapan, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Pengabdian masyarakat ini mencakup pengenalan konsep dasar AR, pelatihan penggunaan perangkat lunak terkait, dan sesi praktik langsung untuk merancang media pembelajaran berbasis AR yang relevan. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran. Pada akhir program PkM, dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat pencapaian program tersebut. Hasil evaluasi, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner, menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman guru mengenai kepentingan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, sebesar 79,33%. Selain itu, terdapat peningkatan keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran AR menggunakan dengan platform Assemblr Edu sebesar 80,67%.
References
Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. (2022). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pengembangan Kelompok Kerja Guru (Kkg) Sebagai Komunitas Belajar. Jurnal Education And Development, 10(3), 401-407.
Ahmad, Z., Ahmad, H., & Rahman, Z. A. (2022). Penggunaan media pembelajaran augmented reality berbantuan Assemblr Edu untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 514-521.
Ambiyar, A., Efendi, R., Waskito, W., Indra, I., Yanti, A., & Wulandari, R. A. (2024). Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality bagi Guru Sekolah Luar Biasa Kabupaten Dharmasraya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 367-378.
Amri, M. K. (2022). Experiential Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif di Madrasah Ibtidaiyah. Roqooba Journal of Islamic Education Management, 2(2), 1-7.
Anas, A., Djusmin, V. B., & Pasandaran, R. F. (2023). Media Augmented Reality: Pelatihan Pada Guru SMP untuk Mendukung Keterampilan Pedagogik Guru Abad 21. Madaniya, 4(4), 1613-1620.
Antika, T. L., Toha, M., & Hidayah, S. U. N. (2024). Pelatihan Penggunaan Game Edukasi AR untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri Luwungbata 02. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 125-130.
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73.
Edi, Hidayat., Iis, Nurasiah., Astri, Sutisnawati. (2024). 1. Analysis of Augmented Reality Utilization as Learning Media in Primary Schools. Pedagonal : jurnal ilmiah pendidikan, doi: 10.55215/pedagonal.v8i1.9603;
Fauziyah, L. S., Sugiman, S., & Munahefi, D. N. (2024, February). Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Media Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 936-943).
Kaltsum, H. U., Wulandari, A. S. M., Fadillah, R., Fauzy, I., Khotimah, N. A., Ayu, D. P., ... & Qonita, F. R. (2024). Workshop pembuatan media pembelajaran Lumio dan Wordwall bagi Guru SDN 03 Makamhaji, Sukoharjo. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(1), 38-48.
Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan model POE2WE pada materi teori kinetik gas: literature review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82.
Kusandi, M. (2024). STRATEGI PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN SMK. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(2), 221-226. Kusandi, M. (2024). STRATEGI PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN SMK. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(2), 221-226.
Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Di Sma: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 556-563.
LISTANTI, Y. N. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Pendidik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Al-Azhar 3 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Nurhasanah, F. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA.
Ronald, M., Hernández., Walter, Antonio, Campos-Ugaz., Segundo, Juan, Sanchez, Tarrillo., Silvia, Josefina, Aguinaga, Vasquez., Sara, Esther, Liza, Ordoñez., Ronald, Avellaneda,
Montenegro., D., Ferreras., Doris, Elida, Fuster, Guillén. (2024). 1. Exploring Software Infrastructures for Enhanced Learning Environments to Empowering Education. Journal of Wireless Mobile Networks, Ubiquitous Computin g, and Dependable Applications, doi: 10.58346/jowua.2024.i1.016
Rosidin, R., Aina, M., Ahmad, A., Saifullah, S., Putranto, A., & Rahardian, R. L. (2024). PERAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN
INTERAKTIF DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13734-13741.
Sathyapriya, J., Vedavalli K., Swathi, Sree, M.. (2024). 1. Enhancing Engagement and Understanding in Education using Augmented Reality. Journal of Information Technology and Digital World, doi: 10.36548/jitdw.2024.3.005
Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru SDN 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898-905.
Sholihah, F. H., & Putri, S. F. (2024, August). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pengelolaan Asset Tetap. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 4, No. 5).
Shonima, P., Dr., Sowmya, K, S. (2024). 5. Augmented Reality: Transforming Learning Landscapes in Education. International Journal of Research Publication and Reviews, doi: 10.55248/gengpi.5.0124.0213
Susilawati, W., Widiastuti, T., & Abdullah, R. (2022). Pelatihan desain technological pedagogical, content knowledge pembelajaran matematis menuju pendidik profesional. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 98-106.
Tohir, A., Handayani, F., Sulistiana, R., Wiliyanti, V., Arifianto, T., & Husnita, L. (2024). ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN
PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8096-8102. Tumaloto, E. H., Ilham, A., Rizky, O. B., & Datau, S. (2024). Edukasi Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Augmented Reality. Lamahu: Jurnal
Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 128-134.
Umisara, E., Mutaqin, A., & Hidayah, S. U. N. (2023). Development of Educational Augmented Reality Game as English Language Learning Media with Character Education Values. Wahana, 75(2), 73-86.
Umisara, E., Sunarsih, D., & Hidayah, S. U. N. (2024). The Integration of Augmented Reality in Blended Culture-Based English Language Learning. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 237-255.
YUNIDA, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5).
Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas.