Pembuatan Video Company Profil Sebagai Media Informasi Bagi Calon Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Kartasura

Authors

  • Bima Respati STMIK Amikom Surakarta
  • Paska Dani STMIK Amikom Surakarta
  • Imam Baihaki STMIK Amikom Surakarta
  • Dewi Novitasari STMIK Amikom Surakarta
  • Lilik Sugiarto STMIK AMIKOM Surakarta
  • Riyan Abdul Aziz STMIK AMIKOM Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v5i02.1675

Keywords:

video company profil, media informasi, sma negeri 1 kartasura

Abstract

Video company profil dapat menjadi salah satu solusi untuk menyampaikan informasi atau profil dari sebuah institusi secara lengkap didalam satu media.  Video company profil inilah yang menjadi salah satu projek yang diprioritaskan oleh instansi pendidikan SMA Negeri 1 Kartasura untuk menyampaikan seluruh informasi sekolah. Memalui tahap identifikasi masalah, analisis masalah, penentuan Solusi, implementasi Solusi dan evaluasi Solusi yang tim pengabdian Masyarakat lakukan untuk mewujudkan video company profil SMA Negeri 1 Kartasura. Suluruh tahap telah berhasil dilakukan sehingga video company profil dapat terwujud dengan informasi utama yang disampaikan didalamnya berupa alamat sekolah, visi dan misi sekolah, prestasi sekolah, prestasi sekolah, fasilitas sekolah, kegiatan ekstrakulikuler, pesan dan kesan salah satu siswa.  Tim pengabdian telah menyelesaikan seluruh poin-poin evaluasi mulai dari durasi video menjadi lebih pendek, beberapa scene kosong diisi dengan music cinematic dan peningkatan volume audio video.

References

Abdul Aziz, R. (2020). E-Book Digital Marketing Content. E-Book Digital Marketing, 14.

Abdul Aziz, R. (2024). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Obyek Wisata Janti Park Kabupaten Klaten. 4(02), 131–138.

Abdul Aziz, R., Gita, A., Tyas, N., Untari, S., Ridho, N., & Dani, Y. (2024). Pelatihan Foto Produk Bagi Pelaku UMKM Desa Wisata Sumber Bulu Kabupaten Karanganyar Product Photo Training for UMKM in the Sumber Bulu Tourism Village. 7–12.

Abdulhafizh, L. G., & Djatiprambudi, D. (2020). Perancangan Company Profile. Jurnal Barik, 1(1), 114.

Anam, K., Aprilia Nur Azmi, D., Kusuma Putri, W., & Muafi, M. S. (2024). Kegiatan Mahasiswa Olahraga di Luar Kampus: Upaya Pencapaian Indikator Kinerja Utama. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(2), 285–301. https://doi.org/10.55081/jumper.v4i2.1311

Asyahroni, reni artika. (2023). Eksistensi Radio Konvensional Radiks 99 Semarang Di Tengah Gempuran New Media.

Dedit Priyono, I Nyoman Agus Suarya Putra, I Ketut Sutarwiyasa, Moh Cholisatur Rizaq, I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan, I. N. J. (2023). DESAIN KOMUNIKASI VISUDAL DALAM ERA TEKNOLOGI : Peran Teknologi Terhadap Pengembangan DKV (1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=31PpEAAAQBAJ&lpg=PA4&ots=JhSIGAiCsc&dq=Ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau institusi dalam merancang video company profil diantaranya teknik pengambilan gambar%2C pemilihan animasi%2C dan efek-efek yang digunakan.&lr&hl=id&pg=PR1#v=onepage&q&f=false

Erdiyansyah, Buntuang, P. C. D., & Idris. (2023). Coaching Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Community Development Journal, 4(2), 5133–5137. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/16404

Herianto, E., Rispawati, R., Istiningsih, S., & Asrin, A. (2024). Upaya Meningkatkan Capaian Iku Perguruan Tinggi Melalui Kegiatan Sk-Mbkm Mandiri. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 60–70. https://doi.org/10.29303/interaktif.v4i1.152

Indriani, F., Diba, F., Ubaedullah, D., & Pratama, A. I. (2021). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.13656

Rahastine, M. P. (2022). Analisa Peranan Public Relatin PT. Graha Bina Mandiri Dalam Pembuatan Company Profile Sebagai Media Informasi. J-Ika, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12020

Rimayanti, N., Yulianti, A., Nasution, B., & Lubis, E. E. (2019). Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. It Journal Research and Development, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499

Zinaida, R. S., Hafizni, M., Isnawijyani, I., & ... (2024). Pelatihan Pembuatan Konten Kreatif Digital Untuk Umkm Binaan Uin Raden Intan Lampung. J-ABDI: Jurnal …, 3(12), 2367–2376. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/7763

Downloads

Published

2025-02-07

How to Cite

Respati, B. R., Dani, P., Baihaki, I., Novitasari, D., Sugiarto, L., & Abdul Aziz, R. A. (2025). Pembuatan Video Company Profil Sebagai Media Informasi Bagi Calon Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Kartasura. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 5(02), 94–100. https://doi.org/10.46772/jamu.v5i02.1675

Issue

Section

Articles