Pengembangan Sarana Bermain Atraktif Untuk Penguatan Edukasi Kemandirian Siswa Di TK. Widya Putra
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v5i02.1677Keywords:
edukasi kemandirian, binaan UNS, area bermain, TK Widya Putra, atraktifAbstract
UNS, sebagai institusi pendidikan tinggi, memiliki tanggung jawab untuk mendesiminasikan IPTEKS ke masyarakat. TK. Widya Putra binaan DWP UNS sangat memerlukan pengembangan arena bermain atraktif untuk mendukung edukasi kemandirian siswa. Tujuan pengabdian ini adalah mengembangkan arena bermain atraktif untuk mendukung edukasi kemandirian siswa di TK. Widya Putra. Sarana yang dikembangkan meliputi pembanguan lantai beton di atas selokan air untuk sarana bermain, pemasangan pagar pengaman, dan pengadaan sarana permainan. Kegiatan melakukan penggalian informasi dari para pemangku kepentingan sekolah. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah (1) lantai beton area bermain dengan tebal 10 cm berlantai keramik kasar seluas 32 m2, (2) dinding pelindung area bermain, dan sarana permainan. Area bermain atraktif ini dihubungkan dengan halaman utama sekolah melalui pintu baja. Area bermain ini dilengkapi fasilitas sarana bermain mandiri sehingga siswa dapat bermain dan berekspresi secara mandiri dan aman. Sarana permainan ini juga menjadi sarana promosi TK. Widya Putra. Pengembangan sarana ini mendukung capaian peningkatan akreditasi sekolah menjadi lebih unggul. Bagi UNS, kegiatan ini merupakan wujud diseminasi IPTEKS UNS ke masyarakat pendidikan.
References
Diharjo K., Marwoto S., Riyadi S., 2020. “Aplikasi Sistem Penguat Tahan Gempa Rangka Atap Baja Ringan Dengan Connecting Plat Pada Balok Ring Untuk Bangunan Gedung Sederhana Di TK. Widya Putra Binaan UNS”, Laporan PKM PNBP UNS, Surakarta.
Indriyani N, 2016. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Bermain Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Rantau Jaya Banjit Way Kanan”, Skripsi, FKIP, Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Isjoni, 2011. “Model Pembelajaran Anak Usia Dini”, Alfabeta, Bandung.
Sujiono Y.N. dan Sujiono B., 2010. “Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak : disertai langkah pengembangan program kegiatan bemain di kelompok bermain, taman kanak-kanak, dan pos PAUD”, Indeks. Jakarta.
Triyono T., Yunianto M., Triyono, J., Diharjo K., 2016. “Inventarisasi Dan Implementasi Produk Inovasi UNS Untuk Mendukung Pengembangan TK. Widya Putra Binaan UNS”, Laporan PKM PNBP UNS, Surakarta.
Zainal A., 2013. “Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif)”, Bandung Yrama Widya, Bandung.