Pemanfaatan Media Jam Sudut dalam Pembelajaran SD

Authors

  • Laelia Nurpratiwiningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Prasetyo Yuli Kurniawan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Nova Indriyani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Yunika Purwanti Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi Pangan, Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.548

Keywords:

Pemanfaatan,, Media Jam Sudut,, Pembelajaran SD.

Abstract

Permasalahan yang muncul di SD Negeri 3 Pasarbatang adalah minat belajar masih rendah dan hasil belajar peserta didik di bawah KKM. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk melakukan kegiatan PKM melalui pemanfaatan media jam sudut dalam pembelajaran SD. Peran media pembelajaran sangat penting dalam pembelajaran dan dibutuhkan oleh guru dalam pembelajarannya. Media pembelajaran dibutuhkan untuk meningkatkan kreativitas guru. Sasaran dalam kegiatan ini adalah peserta didik kelas V. Kegiatan dilakukan di SD Negeri 3 Pasarbatang dengan cara memberikan pengajaran menggunakan media jam dinding. Media ini disesuaikan dengan tema di kelas V. Hal ini dikarenakan pada kelas tersebut belum memenuhi dalam pembelajaran. Kegiatan dilakukan dengan maksud agar media jam sudut dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, sehingga hasil pembelajaran dapat meningkat dan adanya perubahan pengetahuan, sikap, keterampilan dan tingkah laku bagi peserta didik dalam belajar.

References

Juma’atin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Jam Sudut untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pengukuran Sudut Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Miftahul Huda Karangploso. In Energies (Vol. 6, Issue 1). http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8.

Kurniawan, P. Y., Nurpratiwiningsih, L., Rahayu, T., & Fitri, N. (2021). Pelatihan Menulis Deskripsi dengan menggunakan Media Gambar untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(02), 37–43.

Mega, & Yuliningsih. (2020). Penggunaan Media Jam Sudut Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Ngesrep 03 Semarang Sebagai Media Pendahuluan Matematika.

Nisak, N. R. K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Jam Sudut (Jadut) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Jenis dan Besar Sudut pada Kelas III Sekolah Dasar. In Universitas Muammadiyah Malang.

Novi Mayasari, dkk. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Jam Sudut dalam Pembelajaran Matematika di SD. 3(1), 81–88.

Putri, A. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Jam Sudut pada Peserta Didik kelas IV SDN 2 Sunur Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 274–282.

Suharti Kadar. (2020). Penggunaan Media Jam Dinding pada Pokok Bahasan Pengukuran Sudut pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 811–816.

Winda Berlyana Permatasari, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaan Jam Sudut Elektrik untuk Siswa kelas IV SD negeri Pangeran 3 Bangkalan. Widyagogik, 6(1), 73–79.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Nurpratiwiningsih, L. ., Kurniawan, P. Y. ., Indriyani, N. ., & Purwanti, Y. . (2021). Pemanfaatan Media Jam Sudut dalam Pembelajaran SD. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 72–77. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.548

Issue

Section

Articles