Pelatihan Membaca dan Menulis Puisi pada Peserta Didik TPA Al-Husna
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552Keywords:
Keterampilan Membaca,, Keterampilan Menulis,, Puisi,, Menulis Puisi.Abstract
TPA Al-Husna merupakan salah satu lemabaga pendidikan Al-Qur’an yang terletak di dusun Karang Tengah desa Rungkang. TPA Al-Husna juga merupakan salah satu pendidikan Al-Qur’an yang sudah lama berdiri yaitu tahun 2008 yang sampai sekarang sudah memiliki peserta didik yang lumayan banyak. Namun setelah dilakukannya observasi pada TPA Al-Husna, pesrta didik belum memahami bagaimana membaca dan menulis puisi secara benar sesuai dengan kaidah puisi. Oleh karena itu, perlu pelatihan membaca dana menulis puisi yang menuntun untuk lebih bisa memilah-milah kosa kata yang nantinya akah disusun dalam sebuah puisi. Selain itu juga peserta didik di ajarkan supaya mampu membaca puisi secara benar dengan menggunakan ritma dan irama puisi, sehingga maksud dari puisi dapat tersampaikan kepada pendengar. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih supaya peserta didik mampu menuangkan ide atau gagasan, pikiran serta perasaannya dalam kegiatan menulis puisi, karena dengan melatih peserta didik untuk menulis puisi diharapkan peserta didik dapat meningkatkan daya kreatifitas, daya imajinasi dan daya pikir, serta peserta didik mampu membaca puisi lewat susunan bait dan baris serta permainan bunyi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu metode ceramah, metode latihan, dan metode penugasan yang berlokasi di TPA Al-Husna. Secara keseluruhan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pemahaman peserta didik mengenai membaca dan menulis puisi dengan nilai persentase bahwa pemahaman peserta didik awal yaitu 30,4%, kemudian pemahaman akhir peserta didik yaitu sejumlah 68%, maka ada kenaikan 37,60% dalam pemahaman membaca dan menulis puisi. Dalam hal ini berarti peserta didik setelah mendapatkan pelatihan ini mampu untuk membaca dan menulis puisi dengan baik dan benar.
References
Afriansya, F., & Yanti, P. G. (2020). Keterampilan Membaca Puisi Siswa Sebuah Modifikasi Teknik Membaca Puisi Jose Rizal Manua: Jurnal BAHASTRA, 40(1), 29-38.
http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.15286
Kertayasa, W., Suandi, N., & Utama, D. G. B. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X Mia 2 Sma N 1 Sukasada: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Indonesia Undiksha, 8(2), 248-259.
23887/jjpbs.v8i2.20618
Kurniawan, P. Y. ., Nurpratiwiningsih, L. ., Rahayu, T. ., Ulwiyah, N. F. ., Daryati, E. ., Arvin Hakim, M. W. ., & Yuliandini, V. F. (2021). Pelatihan Menulis Deskripsi dengan menggunakan Media Gambar untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1 (02). Retrieved from http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/347
Maulidah, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan KARANGAN, 2(1), 64-70.
https://ejournal.billfath.ac.id/index.php/karangan/article/view/46/34
Nalenan, J. S. (2020). Pelatihan Menulis Puisi Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Kota Baru Kefamenan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Cendana, (3)2, 92-98.
https://doi.org/10.32938/bc.v3i2.565
Pradopo, R. D. (2012). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press.
Prayogi, E. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Peta Pasang Kata: Jurnal Diksatrasia, 1(2), 57-64.
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/582/480
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Kasa Bandung.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Badung.
Utami, A. M. S., Purwadi, A. J., & Arifin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Pemodelan Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Bengkulu: Jurnal Ilmiah Korpus, 2(2), 141-146.
https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6516
Yono, R. R. (2020). Pelatihan Membaca Puisi Bagi Siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan: Cendekia Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103-109.