Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Atikah Mumpuni Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia
  • Sri Azizah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Selvia Ari Rahma Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Peradaban, Indonesia
  • Dwi Utami Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Nova Indah Safitri Program Studi Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas, Institut Teknologi Telkom, Indonesia
  • Fantika Aswat Tiana Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keolahragaan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Dea Ayu Kartika Putri Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Averoes Aditya Pratama Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.748

Keywords:

literasi numerasi, media pembelajaran, barang bekas

Abstract

Kemampuan literasi yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Literasi sendiri mencakup banyak hal, salah satunya adalah literasi numerasi. Pengembangan literasi numerasi pada peserta didik di sekolah dasar, masih belum maksimal. Hal ini berakibat pada kurang maksimalnya kemampuan literasi numerasi peserta didik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan media pembelajaran berbasis barang bekas yang dapat meningkatkan literasi numerasi peserta didik. Metode pengabdian masyarakat dilakukan dengan sosialisasi dan implementasi media pembelajaran berbasis barang bekas yang telah dikembangkan. Evaluasi keberhasilan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan observasi dan test. Hasil pengabdian kepada masyarat yaitu media pembelajaran berbasis barang bekas dapat membantu peserta didik memahami konsep pembagian dan perkalian yang merupakan salah satu dasar dalam literasi numerasi. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran berbasis barang bekas dapat meningkatkan literasi numerasi peserta didik di sekolah dasar. Saran-saran yang dapat diberikan yaitu pemilihan bahan baku untuk pembuatan media pembelajaran sebaiknya dari bahan-bahan yang kokoh. Hal ini dimaksudkan agar media pembelajaran berbasis barang bekas tidak mudah rusak dan dapat digunakan berulang.

References

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(1), 93–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., Putri, E. I. E., & Rahayu, S. M. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 92–100. https://doi.org/10.29062/abdi_kami.v4i1.519

Humairah, H., Rismawanda, R., Khamidah A, Z., Mubarok, M. S., & Saud, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembalajaran RAPATJURANG (Cara Cepat Penjumlahan dan Pengurangan). JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 8–13.

Jariah, A., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Tiga Dimensi Kontekstual Berbahan Dasar Barang Bekas untuk Siswa Kelas IV SD. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i1.23

Laila, A., & Shari, S. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15.

Midayanti, D. P., Apriliani, D., Sofiyati, E., Novitasari, E., & Indarko, I. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 82–88. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i1.1330

Nugraheni, N. (2017). Implementasi Permainan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Journal of Medives, 1(3), 142–149.

Priyani, N. E. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Berbantuan Aplikasi Etnomatematik Puzzle Game pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Perbatasan. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 267–280. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.536

Takanjanji, E. K., Ekayanti, N. W., & Diarta, I. M. (2022). Mengasah Kreativitas Siswa dengan Implementasi Project-Based Learning Berbasis Barang Bekas. Jurnal Santiaji Pendidikan, 12(1), 20–33.

Unaenah, E., Sartika, D., Syurgaini, J., & Ramadanti, S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Operasi Hitung Pembagian dan Perkalian Pada Bilangan Bulat. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar, 2(4), 294–310.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Indah Safitri, N., Aswat Tiana, F., … Aditya Pratama, A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8–14. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.748

Issue

Section

Articles