Pelatihan Tari untuk Membentuk Karakter bagi Peserta Didik SD Negeri Kedunguter 03

Authors

  • Annisa Nur Handayani Universitas Muhadi Setiabudi
  • Rizki Umi Nurbaeti Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.766

Keywords:

pendidikan karakter, kebudayaan, pengenalan tari

Abstract

Pendidikan karakter dan pengenalan tari merupakan salah satu awal penanaman dan pembentukan karakter peserta didik melalui pelatihan pembentukan karakter. Nilai karakter hendaknya perlu diajarkan kepada peserta didik sebagai penerus generasi bangsa. Namun di Era sekarang, peserta didik tidak paham dalam nilai karakter bahkan tidak benar dalam berperilaku di lingkungan. Memberikan pembinaan pendidikan karakter dapat dikaitkan dengan menghubungkan pemberian pelatihan bagi peserta didik yang bisa mengarah pengenalan kebudayaan bangsa. Pengabdian pelatihan ini bertujuan sebagai memperbaiki karakter peserta didik melalui pelatihan tari yang dapat mengenalkan kebudayaan seni tari sekaligus agar peserta didik dapat membekali pengatahuan kebudayaan bangsa. Metode yang digunakan dalam pengabdian pelatihan tari berupa metode ceramah, metode diskusi, dan metode demostrasi. Adapun hasil dari pengabdian ini bahwa memperbaiki pendidikan karakter siswa yang disampaikan melalui penyampaian materi terkait karakter serta beberapa contoh penerapan nilai karakter yang baik. Pelatihan dengan menggabungkan nilai karakter melalui gerakan tarian mendapatkan respon yang sangat positif dari kepala sekolah serta dewan guru saat melihat pentunjukan karya pementasan seni tari sebagai tolak ukur keberhasilan peserta dalam memahami tarian yang diadakan di SD Negeri Kedunguter 03.

References

Dewi, K. S. (2019). Manajemen Kultur Sekolah untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak di SD Nglindur Girisubo. Prosiding Seminar Nasional; Penguatan Karakter Berbasis Literasi AjaranTaman Siswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 44–450.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis NilaiNilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika (Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial), 3(2), 1–10.

Lestari, N. W. R., & Gunada, I. W. A. (2012). Pelatihan Seni Tari pada Siswa Pasraman sebagai bentuk Transformasi Kebudayaan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 280–286.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karaker dan Pembanguna Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-A, 4(1), 220–234.

Syakhruni, S., Jalil, & Prusdianto. (2020). Tari sebagai Pendidikan Karakter pada Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 10–21.

Werdiningtiyas, R. K., & Chrisyarani, D. D. (2018). Pelatihan Seni Tari Kreasi Baru bagi Guru SD di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 1(1), 222–227. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jpm %0D

Downloads

Published

2022-02-19

How to Cite

Handayani, A. N. ., & Nurbaeti, R. U. . (2022). Pelatihan Tari untuk Membentuk Karakter bagi Peserta Didik SD Negeri Kedunguter 03. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 138–145. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.766

Issue

Section

Articles