Pendampingan Belajar bagi Siswa Sekolah Dasar di Desa Larangan
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.769Keywords:
Pendampingan belajar, covid, daringAbstract
Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran dimana seorang guru mentransfer ilmu pengetahuan dan karakter kepada siswa dengan tujuan bertambahnya suatu pengetahuan dan perbaikan karakter. Pendidikan menjadi salah satu bidang yang terdampak pandemi Covid- 19, dengan berbagai upaya pemerintah telah memaksimalkan pencegahan penyebaran virus Covid- 19 yaitu pada bidang pendidikan dengan sistem belajar dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring yang dianggap masyarakat awamkurang maksimal dijadikan sebuah program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMUS di Desa Larangan untuk mendampingi siswa sekolah dasar dalam belajar dirumah. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap memenuhi protokol kesehatan. Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan sebagai sarana mahasiswa untuk menyalurkan ilmu serta kepedulian terhadap anak- anak yang sedang menjalani masa sekolah. Tujuan kegiatan ini untuk membantu siswa agar lebih memahami materi pelajaran yang di berikan oleh guru di sekolah, membantu pendampingan siswa dalam mengerjakan tugas sekolah serta melatih keterampilan siswa di tengah pandemi covid-19. Dan kegiatan ini juga membantu orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya belajar di masa pandemi. Hasil kegiatan menunjukan bahwa orang tua merasa terbantu adanya pendampingan belajar serta anak- anak lebih antusias dan lebih termotivasi dalam belajar. Perbaikan yang perlu dilakukan yaitu dengan penyusunan jadwal pendampingan belajar dan pemenuhan fasilitas belajar.
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam; Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 1–10. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15314/0
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(2), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi siswa Sekolah Dasar terdampak Covid-19. Adipraja, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Maharani, F. I., & Montessori, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah dalam Menggunakan Model Problem-Based Learning. Primary; Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 34–43. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/7887
Pragholapati, A. (2020). Covid-19 Impact on Students (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.35542/osf.io/895ed