Pendampingan Belajar Secara Luring bagi Siswa Sekolah Dasar di Dukuh Bantarsari Desa Bangsri

Authors

  • First Elly Masyitoh Universitas Muhadi Setiabudi
  • Farhan Saefudin Wahid Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.770

Keywords:

covid-19, pembelajaran daring, pendampingan

Abstract

Pandemi covid-19 masih menjadi kekhawatiran bagi masyarakat. Sejak merebaknya wabah covid-19 banyak aspek yang terdampak, diantaranya adalah aspek ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Dalam aspek pendidikan, Indonesia mengeluarkan kebijakan baru yaitu melaksanakan pembelajaran daring. Namun, pada kenyatannya di lapangan mengalami kendala dalam pembelajaran daring, seperti akses jaringan internet yang lemah, kurangnya pemahaman siswa terkait materi, dan pendampingan orang tua yang kurang maksimal. Tujuan pengabdian pendampingan belajar secara luring sebagai upaya dalam membantu kesulitan belajar yang dialami siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam proses pendampingan belajar adalah secara luring atau tatap muka. Dengan melalui dua tahapan, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Proses pengabdian kepada masyarakat di mulai dengan berdoa, ice breaking, penjelasan materi, tanya jawab dan reward. Hasil yang diperoleh dari pendampingan belajar secara luring ini berjalan dengan lancar. Siswa merasa terbantu dalam memahami materi, tugas dapat terselesaikan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat serta meningkatnya hasil belajar siswa di sekolah.

References

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(2), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi siswa Sekolah Dasar terdampak Covid-19. Adipraja, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati, 2(2), 45–59. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/article/view/7015

Nurmaya, A. L., Irsan, I., Sufinuran, S., & Fauziah, R. (2022). Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 83–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2062

Oktafia, F., Suryana, Y., & Mulyadiprana, A. (2021). Persepsi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 71–83. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1117

Rahayu, A. T., & Wulansar, B. Y. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Keberhasilan Anak selama Belajar dari Rumah selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 717–721.

Sulistyaningrum, D., & Hakim, R. R. Al. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; Andasih, 1(2), 51–59.

Wulandari, W., & Syur’aini. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Paket B di PKBM Gempita. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(2), 66–81. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/rrj.v4i2.461

Yuhenita, N. N., Majid, Y. M., Murat, A. R., Muliyani, R., Alfahmi, R. A., & Abdillah, M. Z. (2021). Pendampingan dalam menghadapi Pembelajaran di Masa Pandemi bagi Warga Dusun Macanan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 1–10. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/3711

Downloads

Published

2022-02-19

How to Cite

Masyitoh, F. E. ., & Wahid, F. S. . (2022). Pendampingan Belajar Secara Luring bagi Siswa Sekolah Dasar di Dukuh Bantarsari Desa Bangsri. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 166–172. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.770

Issue

Section

Articles