Program Kegiatan Pendampingan belajar dan Peningkatkan kreativitas siswa melalui Pengelolaan Limbah Plastik

Authors

  • Nur Khalimah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Ubaedillah Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.777

Keywords:

Pendampingan, Kreatifitas, Limbah

Abstract

Bidang yang paling terpenting dalam hidup manusia ialah Pendidikan.pendidikan sudah ditetapkan pada masa dulu hingga sekarang yang menjadi salah satu kewajiban yang harus dikembangkan terus menerus oleh setiap manusia,khususnya untuk pendidik dan peserta didik.pada masa pandemi saat ini tingkat pendidikan sangat rendah salah satunya pembelajaran disekolah.rendahnya juga semangat untuk peserta didik dalam membaca begitupun dengan belajar dan beradaptasi dilingkungan sekitar.sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kuliah kerja nyata menjalankan program kegiatan pendampingan belajar ini yaitu untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Masyarakat.pendampingan belajar ini dilaksanakan di taman baca Dusun Sipugur Desa Banjaratma yang diikuti oleh kelas rendah dan kelas atas.pada kegiatan ini bukan hanya pendampingan belajar saja tetapi juga menerapkan literasi membaca lima menit dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam pengelolaan limbah plastik yang akan menjadikan nilai seni untuk menjadi hasil karya seni hiasan dinding yang nantinya akan mengurangi limbah rumah tangga dan akan meningkatkan keindahan lingkungan. dalam kegiatan ini diharapkan siswa dapat menambah motivasi dalam meningkatkan pengetahuan pada saat pandemi ini. hasil kegiatan pendampingan belajar yang telah dilaksanakan ini adalah siswa senang dan tumbuh semangat belajar ,selain itu anak-anak dan orang tua mengharapkan pengabdian ini akan terus berkelanjutan seterusnya karena memiliki respon yang sangat positif dilingkungan tersebut.pada kegiatan ini juga dilakukan dalam tahap persiapan,tahap pelaksanaan,dan tahap evaluasi.

References

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kegururan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 8–19. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah melalui Pemanfaatan Sudut Baca terhadap minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599

Santoso, A., Mulyadi, L., & Pramitasari, P. H. (2018). Galeri Seni Rupa di Kota Malang. Jurnal Arsitektur, 2(1), 1–12. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/pengilon/article/view/2989/2340

Sulasmi, A. E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah, Dan Tinggi, 1(1), 1–17. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3920/pdf

Suwanto, S. A. (2017). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 1(1), 7–15. https://doi.org/10.14710/anuva.1.1.19-32

Ubaedillah, Pratiwi, D. I., Huda, S. T., & Kurniawan, D. A. (2021). An Exploratory Study of English Teachers: The Use of Social Media for Teaching English on Distance Learning. Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 5(2), 361–372. https://ijeltal.org/index.php/ijeltal/article/view/753/pdf

Yana, S., & Badaruddin, B. (2017). Pengelolaan Limbah Plastik Sebagai Upaya Pengurangan Pencemaran Lingkungan Melalui Transformasi Yang Memiliki Nilai Tambah Ekonomi. Jurnal Serambi Engineering, 2(4), 157–164. http://ojs.serambimekkah.ac.id/jse/article/view/493

Downloads

Published

2022-02-19

How to Cite

Khalimah, N. ., & Ubaedillah, U. (2022). Program Kegiatan Pendampingan belajar dan Peningkatkan kreativitas siswa melalui Pengelolaan Limbah Plastik. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 186–191. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.777

Issue

Section

Articles