Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata pada Siswa Kelas 4 SDIT Nurul Hidayah
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.856Keywords:
media pembelajaran, kartu kataAbstract
Media pembelajaran menyampaikan informasi tentang pembelajaran dan menyampaikan materi pembelajaran. Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam proses dan tujuan pembelajaran, dan pembelajaran sebagai komunikasi. Dengan menggunakan media pembelajaran dapat menyebabkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif. siswa mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 25 Mei 2022 di SDIT Nurul Hidayah Kabupaten Brebes bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengalaman, dan semangat siswa kelas 3 dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan media kartu kata untuk meningkatkan potensi atau pemahaman materi. Peserta didik menggunakan Index Card Match (mencari pasangan kartu). Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan media ini di kelas 3 IPA mengubah anak-anak menjadi lebih aktif dan bersinergi dengan materi sehingga membuat mereka merasa lebih baik dari anak-anak yang belajar dengan cara konvensional. Karena pembelajaran kartu kata meningkatkan komunikasi dan interaksi guru-siswa, ini membantu mengembangkan pemikiran anak-anak.
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak dengan Kesulitan Belajar . Jakarta: Rineka Cipta.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. Pythagoras . 6(2). 175-186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966
Ce, Wijaya. (1991). Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar . Bandung: Rosdakarya.
Fua, JL, Zuhari., & Arifin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Pada Mata Pelajaran IPA di Sdn 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah. Zawiyah : Jurnal Pemikiran Islam . 3(1). 36-54. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/zawiyah/article/view/708
Hanim, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Biotik. 5(2). 141-148. http://dx.doi.org/10.22373/biotic.v5i2.3023
Haryanto, S. (2021). Pengertian Media Pembelajaran. https://ruangguruku.com/pengertian-media-pembelajaran/
Hastuti, WS (2010). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Sekolah Dasar dalam IPA Melalui Penerapan Penemuan Terbimbing. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan . 3(1). 30-45. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4625/3974
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran . Bogor: Ghalia Indonesia.
Muflihah, Ai. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(1). 2746-1920. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.86
Nabillah, T., & Abadi, AP (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Matematika . 2(1C). 659-663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Ratnasari, DT, & Komalasari, A. (2021). Penggunaan Media Kartu Tebak Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Setia Budhi , 1(21), 55–61. https://stkipsetiabudhi.ac.id/jurnal/index.php/jpsb/article/view/90
Sa'diyyah, L. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Siswa Kelas 1 Sdn 1 Selabintana Melalui Media Kartu Surat di Kabupaten Sukabumi. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 1(10), 2617–2628. Diperoleh dari https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1600
Sumayana, Y. (2015). Penggunaan Metode Index Card Match pada Mata Pelajaran Ips Materi pokok mengetahui sejarah uang. Mimbar Sekolah Dasar. 2(1). 90-98. https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/1335
Tias, IWU, Putri, BD, & Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Pencocokan Kartu Indeks Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4). 1315 – 1325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.553