Analisis Positioning Operator Seluler dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Pasar di Wilayah Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.46772/jecma.v1i01.223Keywords:
operator seluler, segmentasi, analisis faktor, analisis korespondensiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan segmentasi pasar operator seluler dari tiga merek yaitu: Telkomsel, Mentari, dan XL. Ketiga merek tersebut mendominasi pasar operator seluler sehingga menarik untuk diteliti tentang peta persaingan terhadap atribut-atribut yang diberikan kepada konsumen. Sampel yang dipilih adalah pengguna dari ketiga merek operator seluler di Wilayah Sleman, Yogyakart sebanyak 140 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis faktor/klaster dan analisis korespondensi. Berdasarkan hasil output SPSS menghasilkan 3 (tiga) klaster, yaitu klaster 1 tentang layanan, klaster 2 tentang harga kartu perdana, dan klaster 3 tentang biaya telepon/SMS. Analisis korespendensi menghasilkan 4 kwadran yang membagi kelompok atribut-atribut yang diteliti