Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jambu
DOI:
https://doi.org/10.46772/jecma.v1i02.359Keywords:
kualitas produk, kepuasan pelanggan, tape ketanAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui serta mengukur kepuasan pelanggan melalui kualitas produk tape ketan daun jambu di Banjarharjo Kabupaten Brebes dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif assosiatif. Peneliti membuat serta menyebar kuesioner kepada 30 responden yang merupakan sampel dari jumlah populasi pelanggan tape ketan daun jambu yang berada di Kecamatan Banjarharjo untuk dapat diteliti serta dianalisis sesuai dengan data yang telah disebar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Sederhana, Uji Determinasi (R) dan Uji Hipotesis (Uji-t). Hasil distribusi responden penelitian ini adalah persepsi responden Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jambu “Dio” memiliki nilai distribusi responden sebesar 4,11 dan masuk pada kategori interpretasi baik, dan persepsi responden terhadap kepuasan pelanggan tape ketan daun jambu “Dio” memiliki nilai distribusi responden dengan total 3,87 dan masuk pada kategori interpretasi puas. Sedangkan hasil pengujian yang diperoleh terdapat pengaruh positif kuat dan siginifikan antara kualitas produk Tape Ketan daun Jambu “Dio” terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari model Regresi Linier Sederhana Y = 4,477+ 1,616X, nilai koefisien korelasi r = 0,408, kontribusi variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 16,6%, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan signifikan karena t hitung > t tabel (3,128 > 1,701).