Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Pembelajaran Kontekstual Demonstrasi

Authors

  • Rima Trianingsih SD Negeri 1 Sumberbaru
  • Tri Wahyuni SD Negeri 1 Sumberbaru
  • Miftahul Jannah SD Negeri 1 Sumberbaru

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.881

Keywords:

metode demonstrasi, pembelajaran kontekstual, sistem pernapasan manusia, hasil belajar

Abstract

Melihat isi materi  sistem pernapasan manusia yang menuntut siswa untuk memiliki pemahaman yang nyata. Penjelasan lisan saja tidak cukup, sehingga membutuhkan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual dinilai penting bagi siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sumberbaru dengan menggunakan contextual learning metode demonstrasi pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Perbaikan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 20%, namun hasil tersebut tidak memenuhi kriteria sangat memuaskan. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 26,67%, dan telah mencapai kriteria sasaran sangat memuaskan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan metode demonstrasi dalam materi sistem pernapasan manusia mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.  

References

F. Fembriani, “Analisis implementasi pembelajaran IPA dan merdeka belajar di sekolah dasar,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 02, pp. 100–106, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/661.

S. Yustiana and R. F. Kusumadewi, “Pengembangan bahan ajar modul berbasis ctl sebagai bagian dari pengembangan ssp,” J. Ilm. Kontekst., vol. 1, no. 02, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.

E. Surya, F. A. Putri, and M. Mukhtar, “Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model,” J. Math. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 85–94, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/3324.

J. W. Santrock, “Life Span Development (13 th, ed).” McGraw-Hill, New York, 2011.

L. A. Riswari, H. Yanto, and A. Sunarso, “The effect of problem based learning by using demonstration method on the ability of problem solving,” J. Prim. Educ., vol. 7, no. 3, pp. 356–362, 2018, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/24519.

I. Z. Ichsan and S. W. W. Mulyani, “Improving students’ motoric skills through demonstration method in recycling plastic waste,” JPBI (Jurnal Pendidik. Biol. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 189–194, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id/index/pjbi/article/view/5890.

N. Ramadhan and E. Surya, “The implementation of demonstration method to increase students’ ability in operating multiple numbers by using concrete object,” Int. J. Sci. Basic Appl. Res., vol. 34, no. 2, pp. 62–68, 2017, [Online]. Available: https://www.gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/7610.

Kemmis and M. Taggart, The Action Research Planner. Geelong: Deaken University Press., 2010.

D. Lipiah, N. Septianti, R. Yuwono, and R. Atika, “Implementasi model pembelajaran kontekstual di sekolah dasar,” J. Penelit. Guru Indones., vol. 2, no. 1, pp. 31–40, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah.

S. Bukit, “Implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual dalam peningkatan kemandirian belajar siswa,” J. Multidisiplin Madani, vol. 2, no. 4, pp. 1627–1638, 2022, [Online]. Available: https://journal.yp3a.org/index.php/mudima/index.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Trianingsih, R., Wahyuni, T. ., & Jannah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Pembelajaran Kontekstual Demonstrasi. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 53–59. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.881

Issue

Section

Articles