Analisis Implementasi Pembelajaran IPA dan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.661Keywords:
Pembelajaran Daring, Merdeka Belajar, IPA, Sekolah DasarAbstract
Mulai awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan munculnya pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19). Hal ini mengakibatkan perubahan diberbagaai sektor salah satunya pendidikan, proses pembelajaran luring berganti menjadi daring. Saat pembelajaran daring pula dikeluarkan kebijakan tentang merdeka belajar. Perubahan pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring di SD dan merdeka belajar menuntut guru untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Melalui metode kombinasi (kualitatif dan kuantitatif) peneliti mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring di SD dan merdeka belajar se Pulau Jawa dan NTT. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa guru dalam perencanaan dan pelaksanaan akan tetapi dalam evaluasi dan pemberdayaan sikap ilmiah masih kurang baik. Guru dalam pemberdayaan ketrampilan proses sains siswa cukup baik dan juga penggunaan media pembelajaran IPA di SD. Guru juga memiliki pemahaman yang cukup baik tentang merdeka belajar.
References
H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 861–870, 2020, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460.
R. Gurukkal, “Will covid-19 turn higher education into another mode?,” High. Educ. Futur., vol. 7, no. 2, pp. 89–96, 2020, [Online]. Available: https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/2347631120931606.
W. A. F. Dewi, “Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89.
K. A. Imania and S. K. Bariah, “Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring,” J. Petik, vol. 5, no. 1, pp. 31–47, 2019, [Online]. Available: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/445.
M. L. George, “Effective teaching and examination strategies for undergraduate learning during covid-19 school restrictions,” J. Educ. Technol. Syst., vol. 49, no. 1, pp. 23–48, 2020, [Online]. Available: https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/0047239520934017.
M. Handayani and Y. D. Pradana, “Persepsi dan kendala guru SD mengenai sistem BDR (belajar dari rumah),” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 15–25, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/478.
A. Alchamdani, F. Fatmasari, E. R. Anugrah, N. P. Sari, F. Putri, and A. Astina, “The impact of covid-19 pandemic on online learning process in the college at southeast sulawesi,” J. Kesehat. Lingkung., vol. 12, no. 1, pp. 129–136, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.unair.ac.id/JKL/article/view/20730.
H. A. Rigianti, “Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Kabupaten Banjarnegara,” Elem. Sch., vol. 7, no. 2, pp. 297–302, 2020, [Online]. Available: https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768.
A. R. Hamdani and A. Priatna, “Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi covid-19 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Subang,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/120.
A. Purwanto, M. Asbari, R. Pramono, and P. B. Santoso, “Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
S. A. Prabowo, “The effectiveness of scientific based learning towards science process skill mastery of PGSD students,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 4, no. 1, pp. 15–19, 2015, doi: 10.15294/jpii.v4i1.3495.
S. Mustagfiroh, “Konsep ‘merdeka belajar’ perspektif aliran progresivisme di perguruan tinggi,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 141–147, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/248.
E. R. Melati and Y. Utanto, “Kendala Guru Sekolah Dasar dalam Memahami Kurikulum 2013,” Indones. J. Curric. Educ. Technol. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2016, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp%0AKendala.
S. Supriyadi, “Pengaruh praktikum virtual terhadap sikap ilmiah siswa SMA,” Biosf. J. Tadris Biol., vol. 8, no. 2, pp. 115–131, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/idex.php.
F. Fembriani, G. Melo, H. Wonda, M. Koro, and M. Kota, “Pengembangan buku saku IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 70–77, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/467.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.