HUBUNGAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Kiki Parwati Universitas Muhadi Setiabudi
  • Robert Rizki Yono Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.1102

Keywords:

persepsi, pembelajaran online, minat belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) seberapa tinggi persepsi siswa pada proses pembelajaran online di masa pandemi covid-19, (2) seberapa tinggi minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (3) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa pada proses pembelajaran online terhadap minat belajar bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitif survei. Variabel penelitian ini yaitu variabel X (persepsi siswa pada proses pembelajaran online) dan variabel Y (minat belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Siswa kelas X SMK Nurul Islam Larangan yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji homogenitas, uji korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) persepsi siswa pada proses pembelajaran online berada pada kategori sedang, (2) minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan, serta terdapat hubungan yang kuat atau tinggi antara variabel X dengan variabel Y, yakni jika persepsi siswa positif maka minat belajar juga meningkat, sebaliknya jika persepsi siswa negatif maka minat belajar juga akan menurun.

References

M. M. E. I. Bali, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning,” J. Tarbiyatuna, vol. 3, no. 1, pp. 19–40, 2019.

E. Rachim, “Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Siswa MI Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Krincing Secang Magelang Tahun 2020,” IAIN Salatiga, 2020.

A. dkk Susilo, “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures,” J. Penyakit Dalam Indones., vol. 7, no. 1, pp. 45–67, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/340380088_Coronavirus_Disease_2019_Tinjauan_Literatur_Terkini.

Ubaedillah, dan Damar Isti Pratiwi, “Utilization of Information Technology during the Covid-19 pandemic: Student’s Perception of Online Lecture,” J. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 447–455, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/320.

dan A. S. F. Hapsari, Theresia Pinaka Ratna Ning, “Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Masa Pandemi Covid-19,” J. Semant., vol. 2, no. 1, pp. 11–20, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika/article/view/259.

M. Jundi, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Nahwu dengan Sistem Daring,” J. al Ma’rifah, vol. 17, no. 2, pp. 105–118, 2020, [Online]. Available: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jba/article/view/16215.

N. F. Mahbub, “Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Prodi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Selama Pandemi Covid-19,” UIN Sulthan Thaha Saifuddin, 2020.

I. F. & E. K. Arifin, Hadi Suprapto, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa UNTIRTA Terhadap Keberadaan PERDA Syariah di Kota Serang,” vol. 21, no. 1, pp. 88–101, 2017, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/123770-ID-none.pdf.

Aminatun, Siti, “Pengaruh E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Program Kerja Paket C di PKBM Pioner Karanganyar,” UNNES Semarang, 2020.

S. N. W. Lukmana, “Pengaruh Pembelajaran Online Masa Pandemi Terhadap Minat Belajar Siswa di PAUD Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik,” UIN Sunan Ampel, 2021.

D. dkk. Iswatiningsih, “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP,” J. Diglosia, vol. 5, no. 1, pp. 141–156, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2853.

H. P. Kamila, “Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di SMP Islam Al Wahab Jakarta Tahun Pelajaran 2018/19,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

H. G. Tarigan, Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa,. Bandung: Angkasa, 2014.

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. remaja rosdakarya, 2020.

E. Supyarni, “Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Minat Belajar Matematika Siswa di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Muaro Jamb,” UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Parwati, K., & Yono, R. R. (2022). HUBUNGAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(01), 19–28. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.1102

Issue

Section

Articles