EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tidar Magelang
  • Ade Safri Fitria Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tidar Magelang

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.259

Keywords:

Efektifitas, Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang terdampak pandemi covid-19 yakni dengan munculnya tuntutan proses pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi daring. Pembelajaran jarak jauh tentu berdampak pada efektivitas capaian pembelajaran itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsyif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi pembelajaran online mata kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UNTIDAR tahun 2020. Pembelajaran online memanfaatkan kanal youtube, instagram, e-lita, dan akses internet luas sebagai media daring pendukung optimalisasi capaian perkuliahan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dengan responden berjumlah 92 orang mahasiswa PBSI semester VI yang mengambil mata kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.   Teknik analisis data menggunakan teknik Miles&Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yakni reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pembelajaran daring sudah efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran dari mata kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, namun perlu diperbaiki agar lebih terstruktur dalam memberikan materi secara online. Hasil penelitian ini mampu dijadikan pedoman perbaikan pembelajaran daring khususnya pada mata kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada semester yang akan datang dan pembelajaran daring pada seluruh mata kuliah secara umum.

References

Redaksi WE Online. Warta Ekonomi.co.id. WHO Bongkar Asal-usul Virus Corona; Trump Tertampar! , https://www.wartaekonomi.co.id/read282697/who-bongkar-asal-usul-virus-corona-trump-tertampar diakses tanggal 14 Juli 2020 pukul 22.47 WIB

Kemendikbud RI. Edaran tentang Pencegahan Wabah Covid-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/sikapi-covid19-kemendikbud-terbitkan-dua-surat-edaran , diakses tanggal 15 Juli 2020 pukul 20.00 WIB

Hartanto. Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 10 No. 1 hlm 1-18 tahun 2016 [Online]. Available:

Ericha Windhiyana Pratiwi. Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan Vol. 34 No. 1 April tahun 2020 hlm. 1-8. [Online]. Available: http://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Gikas & Grant. Mobile computing devices in higher education. Student prespectives on learning with cellphones, smartphones, & social media. Internet and Higher Education [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Firman & Sari Rahayu Rahman. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol. 2 No.2 Maret tahun 2020 [Online]. Available: https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/issue/view/73

Enriques. Students Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress [Online]. Available: https://doi.org/10.1017/CB097811047415324.004

Kumar & Nanda. Social Media in Higher education. International Journal of Information and Communication Technology Education [Online]. Available: https://doi.org/10.4018/ijictc.2019010107

Rizqon Halal Syah Aji. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I Vol. 7 No. 5 hlm. 395-402 tahun 2020 [Online]. Available: https://doi:10.15408/sjsbs.v715.15314

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Kuliah Daring bagi Mahasiswa Milenial, UNTIDAR Perkenalkan ELITA. https://fkip.untidar.ac.id/kuliah-daring-bagi-mahasiswa-milenial-untidar-perkenalkan-elita/ , diakses tanggal 16 Juli 2020 pukul 14.43 WIB

Suharsimi Arikunto. Metodelogi penelitian. 2006. Yogyakarta: Bina Aksara.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. 2003. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Miles & Huberman. Qualitative Data Analysis Second Edition. 1994. SAGE Publications.

Burhan Nurgiyantoro. Penilaian Pembelajatan Bahasa Berbasis Kompetensi. 2016. Yogyakarta: BPFE

Djemari Mardapi. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non tes. 2008. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Dosen.co.id. Media Pembelajaran adalah, https://pakdosen.pengajar.co.id/media-pembelajaran-adalah/ diakses tanggal 22 Juli 2020 pukul 19.56 WIB

Downloads

Published

2020-09-02

How to Cite

Hapsari, T. P. R. N. ., & Fitria, A. S. . (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MASA PANDEMI COVID-19 . Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01). https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.259

Issue

Section

Articles