ANALISIS PENELAAHAN PUISI RAKYAT DENGAN STRATEGI PQ4R
DOI:
https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.260Keywords:
Puisi rakyat, Strategi PQ4R.Abstract
Puisi rakyat merupakan karya satra yang tertentu bentuknya dan penyusunannya sesuai ekpresi penyair. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur bagaimana kemampuan kelas VII dalam menelaah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Sumber data diambil dari jurnal nasional dan buku belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk telaah struktur dan kebahasaan pantun yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baureno dengan strategi PQ4R di katagorikan baik, 2) bentuk telaah struktur dan kebahasaan syair yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baureno dengan strategi PQ4R di katagorikan baik, dan 3) bentuk telaah struktur dan kebahasaan gurindam yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baureno dengan strategi PQ4R di katagorikan baik.
References
Fitriani, P. (2017). Peningkatan keterampilan menulis puisi rakyat dengan model quantum teaching. Jurnal DIKSATRASIA, 1(2), 286-293. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/631.
Firmansyah, H. (2013). Puisi sawer turun tanah di kecamatan Rajadesa kabupaten Ciamis (struktur, proses penciptaan, konteks penuturan, fungsi, dan makna). Antologi bahasa dan sastra Indonesia, 1(3), 1-10. https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_Antologi_Ind/article/view/513.
Haryanti, E. (2016). Lawas samawa dalam prosesi perkawinan tradisional etnik samawa. Jurnal TAMBORA, 1(3), 1-10. http://journal.uts.ac.id
Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A., (2018). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 6 kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Jurnal ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 2(2), 67-76. http://aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara/article/view/74
Purwati, P. D. (2019). Pengembangan model elektik berbasis nilai luhur Pancasila dalam pembelajaran menulis puisi rakyat kelas VII SMP. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 8(1), 18-28. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/21537
Hasanudin, C. & Hidayati, A. (2016). Eksperimentasi strategi belajar PQ4R dengan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas VII SMP. Jurnal keilmuan bahasa, sastra, dan pengajarannya, 2(2) 136-142. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/3998
Noviyanti, T., Suripto, & Joharman. (2015). Penerapan pembelajaran strategi PQ4R dalam peningkatan pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Karangasem 02. Kalam cendekia PGSD Kebumen, 3(3), 1-8. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1941/1426
Wangka, A. & Usman, M. (2016) Penerapan strategi pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, dan review). Jurnal pendidikan agama islam, 1(1), 68-76. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/359
Linayaningsih, F. (2011). untuk meningkatkan prestasi belajar. Majalah ilmiah INFORMATIKA, 2(2), 75-86. http://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/41
Saffaan, E & febrianda. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajatan PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, dan review). FITRA, 3(2), 104-115. http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/54
Darise, I., W. (2015). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI (sejarah kebudayaan islam) di MTs Negeri unggulan Manado. Jurnal Pendidikan islam iqra’, 9(1), 35-61. https://www.neliti.com/publications/273945/pengaruh-penerapan-strategi-pembelajaran-pq4r-terhadap-prestasi-belajar-peserta
Sukiman, Pratiwi, Y., Widiati, N. (2017). Pengembangan modul puisi rakyat Sumbawa sebagai bahan pembelajaran sastra di SMP. Jurnal Pendidikan, 2(4), 556-561. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8878/4280
Aini, N., Nasikin, I., Bariroh, Z. (2018). Montase dan pembelajaran: montase sebagai pembangunan daya fikir dan kreativitas anak usia dini. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodeologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Bungin, M. B. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan public serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: KENCANA.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Bandung: PT Panca Terra Firma.
Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penilitian lapangan. ComTech, 5(2), 1110-1118.
Maryati, K. & Suryawati, J. (2001). Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XII standar isi 2006. Jakarta: Erlangga
Pritandhari, M. (2016). Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa universitas muhamadiyah Metro. Jurnal Pendidikan ekonomi U.M Metro, 4(2), 1-7. http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/631
Faizah, S. (2018). Pengaruh projectbased learning terhadap kreativitas menulis puisi rakyat (PANTUN). Jurnal mahasiswa teknoligi Pendidikan, 9(2), 1-7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/27537/25196
Kusmayadi, I., Fitria, D. A., & Rahmawati, E. (2008). Be smart bahasa Indonesia untuk kelas IX SMP/MTS. Bandung: Grafido Media Pratama
Handayani, S. & Wildan. (2008). Persiapan UN bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Bandung: Grafido Media Pratama.