KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN BUKU AJAR MATA KULIAH APRESIASI DAN KAJIAN DRAMA BERBASIS KEBUDAYAAN BREBES

Authors

  • Ghufroni Ghufroni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Prasetyo Yuli Kurniawan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Robert Rizki Yono Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • M Wildan Arvin Hakim Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.262

Keywords:

Buku ajar, Kebudayaan Brebes, Metode eksperimen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan buku ajar dalam perkuliahan Apresiasi dan Kajian Drama Berbasis Kebudayaan Brebes dan menguji keefektifan buku Apresiasi dan Kajian Drama bagi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model penelitian one group pretest-postest design. Jenis eksperimen ini menggunakan satu kelas dengan perlakuan tes awal sebelum dilakukan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai awal (pretest) terdapat nilai yang belum tuntas sebanyak 20 mahasiswa dan nilai akhir (postest) tuntas semua. Hasil uji keefektifan penggunaan buku ajar berdasarkan tabel independent samples test menyatakan adanya perbedaan signifikan hasil pretest dan postest. Dengan demikian, buku ajar mata kuliah Apresiasi dan Kajian Drama Berbasis Kebudayaan Brebes efektif digunakan dalam perkuliahan.

References

F Amalia dan R Kustijono, “Efektifitas Penggunaan E-Book dengan Sigil untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis,” SNF FMIPA UNESA, 81–85, 2017, [Online]. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/prosedings/index.php/snf.article.view/42

Arina Manasikana, Agung Listiadi, “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas XII Akuntansi di SMK N 1 Surabaya”, Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol. 5, No. 2, 1 - 8, 2017, [Online]. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21225/19462

Rusman, Strategi dan Model Pembelajaran, 2014, Rajawali Pers. PT Raja GrafindoPersada, Jakarta.

Edi Suryanto, Budi Waluyo, dan Suyitno, “Kajian Struktural dan Pendidikan Karakter Naskah Drama Panembahan Reso Karya W.S Rendra untuk Pengembangan Mata Kuliah Apresiasi dan Kajian Drama”, Proceding Nasional Inovasi Pendidikan, 249-264. 2016, [Online].

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8941

Peraturan Daerah Kabupaten Brebes, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten Brebes 2005-2025, RJPD Pemda Brebes, 1-128. [Online]. file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/RPJPD%20Kab%20Brebes%202005%20-

%202025%20GABUNGAN-1.pdf

Muh. Fahrurrozi, “Pembelajaran Berbasis Budaya”, Prosiding Seminar Nasional dan Call Papers Pendidikan karakter dalam pembelajaran bisnis dan manajemen, 1-11. 2015. [Online]. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_874829613 056.pdf

Septiana Sulastri, “Keefektifan bahan ajar Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Mata Kuliah Kajian Fiksi”, Cakra Linguista, Volume 2, Nomor 1, 2019, 1-8, 2019. [Online].

https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/Cling/article/view/1288/1028

Melian Arsanti, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan nilai-nilai Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula” Kredo, Volume 1, Nomor 2, 71-90, 2018. [Online]. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/Cling/article/view/1288/1028

Pamela Mikaresti, Yusra D, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Drama Dengan Pendekatan Berbasis Masalah”, Pena, Volume 7, Nomor 2, 71-81, 2018. [Online]. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/pena/article/view/5314

Nurul khasanah, Yusuf Suryana, Ahmad Nugraha, “Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Gaya Dapat mengubah Gerak Suatu Benda, Pedadidaktika, Volume 5, Nomor 1, 127-139, 2018. [Online]. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7257/0

Winarto “Pengembangan Model Wisata Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Saintifik di Brebes Selatan Sebagai alternatip Model Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Dialektika, Volume 6, Nomor 2, 32 – 47, 2016. [Online]. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/6/4

Lestariningsih, Novi & Siti Partini Suardiman, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik- Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan tanggungjawab”, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, 86 – 99, 2017. [Online].

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15503/9695

Ferdianto, Fery, Setiayani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika, JNPM (Jurnal nasional Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, 37 – 47, 2018. [Online]. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/781/678

Downloads

Published

2020-09-02

How to Cite

Ghufroni, G., Kurniawan, P. Y. ., Yono, R. R. ., & Hakim, M. W. A. . (2020). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN BUKU AJAR MATA KULIAH APRESIASI DAN KAJIAN DRAMA BERBASIS KEBUDAYAAN BREBES. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01). https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.262

Issue

Section

Articles