FLEKSIBILITAS DAN AKSESIBILITAS DIGITALISASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dina Zahrotun Ni’mah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
  • Evi Chamalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
  • Aida Azizah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.570

Keywords:

Pandemi Covid-19,, Pembelajaran,, Digitalisasi,, Fleksibilitas,, Aksesibilitas.

Abstract

Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah banyak aspek terutama dibidang pendidikan, hal tersebut membuat sistem pembelajaran juga harus bisa menyesuaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses digitalisasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia serta manfaatnya. Kemudian perlu juga diketahui tentang Aksesibilitas dan Fleksibilitas pembelajaran dengan digitalisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan menguraikan dan menjabarkan sesuatu menggunakan kalimat dalam keadaan yang jelas terhadap objek yang diteliti. Digitalisasi menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang terdapat kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia saat ini juga menggunakan digitalisasi terutama dalam praktik sebagai sarana media pembelajaran dengan menggunakan beberapa aplikasi digital seperti YouTube, Zoom, Google Meet, Google Clasroom, media sosial, dan lain sebagainya. Sehingga di masa pandemi Covid-19 digitalisasi cukup fleksibel untuk diterapkan karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari elemen pendidikan, menjadi sarana untuk memenuhi tujuan pembelajaran, dan memudahkan proses pembelajaran. Tetapi di sisi lain tidak semua elemen pendidikan dapat dengan mudah mengakses sistem pembelajaran dengan digitalisasi baik dari segi faktor ekonomi maupun teknologi.

References

Asaniyah, “Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi.” Buletin Perpustakaan No. 57 Mei 2017.

Sari, Pusvyta. “Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning.” Ummul Quro(2015).

Atsani, KH lalu Gede Muhammad Zainuddin. "Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19." Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1.1 (2020): 82-93.VID-19.ndry, Luh Devi, et al. "Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19." JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 22.1 (2020): 65-70.

Salwa, Minchatus, and Nani Febrianti. ““Fleksibel dan Mudah” Pembelajaran Terkini Melalui Media Sosial.” (2020): 165-171.

Trisnadewi, Komang, dan Ni Made Muliani. “Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid- 19.” Covid-19: Perspektif Pendidikan 35 (2020).

Sari, Ayu Puspita Indah, dan Hastari Mayrita. “Variasi Pembelajaran Bahasan Indonesia Mahasiswa Universitas Bina Darma di Masa Pandemi.” Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 13.2 (2020): 66-75.

Susmiati, Eri. “Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga.” Jurnal Paedagogy 7.3 (2020): 210-215.

Kurniawan, Deddy. "Pembelajaran Bahasa Jerman di Kala Pandemi Covid-19: Fleksibilitas dan Aksesibilitas.”(2020): 55-65.

Setyorini, In. “Pandemi COVID-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran pada Kurikulum 13?.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 1.1 (2020): 95-102.

Napitupulu, Rodame Monitorir. "Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan pembelajaran jarak jauh." Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 7.1 (2020): 23-33.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Ni’mah, D. Z. ., Chamalah, E. ., & Azizah, A. . (2021). FLEKSIBILITAS DAN AKSESIBILITAS DIGITALISASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 84–90. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.570

Issue

Section

Articles