PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERORIENTASI PENOKOHAN DAN PLOT MENGGUNAKAN MIND MAPPING PESERTA DIDIK KELAS XI

Authors

  • Didik Wahyu Anugrah Universitas Pasundan Bandung
  • Panca Pertiwi Hidayati Universitas Pasundan Bandung
  • Eggie Nugraha Universitas Pasundan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.712

Keywords:

Cerpen, Eksperimen, Mind Mapping, Penokohan, Plot

Abstract

Pembelajaran menulis cerpen merupakan pembelajaran yang mengedepankan keterampilan menulis. Menulis cerpen menjadi salah satu kegiatan yang tidak mudah dilakukan peserta didik, karena sulit untuk dapat merangkaikan ide-ide yang ada menjadi satu kesatuan yang utuh. Metode penelitian yang digunakan adalah Desain Nonequivalent Control Group Pretes Postes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan non tes (observasi,uji coba, studi pustaka, dokumentasi). Adapun hasil penelitiannya yakni, uji signifikasi dilakukan melalui Uji Wilcoxon Sig Rank 2-tailed diperoleh hasil nilai Sig 0,000, artinya jika nilai Sig < 0,05, maka terjadi peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan metode Mind Mapping.

References

S. N. Aidah And Dkk., Cara Efektif Penerapan Metode Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Sastra Book, 2020.

D. Dewantara, “Pembelajaran Fisika Dengan Metode Mindmapping Menggunakan Mindmeister Pada Materi Rangkaian Arus Searah,” Jipfri (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. Dan Ris. Ilmiah), Vol. 3, No. 1, Pp. 15–19, 2019, Doi: Https://Doi.Org/10.30599/Jipfri.V3i1.426.

M. Mashura, “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Strategi Copy The Master Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Ix-C Smpn 2 Tolitoli,” J. Kreat. Tadulako, Vol. 4, No. 11, 2016.

S. G. Attas, G. Yarmi, And D. Darwin, “Minat Baca Cerpen Terhadap Pemahaman Struktur Cerpen Yang Baik Dan Benar Pembaca Rubrik Cerpen Portal Basabasi.Co,” J. Ilm. Semant., Vol. 2, No. 02 Se-Articles, Feb. 2021, Doi: 10.46772/Semantika.V2i02.381.

I. Pradita, “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas Ix Smp Swasta Budi Utomo Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021,” J. Penelitian, Pendidik. Dan Pengajaran Jppp, Vol. 1, No. 3, Pp. 245–256, 2020, Doi: Https://Doi.Org/10.30596/Jppp.V1i3.5405.

R. Triandy, A. Setia Nugraha, And A. Rustandi, “Model Quantum Writing Berbasis Kecerdasan Interpersonal Dalam Pembelajaran Menulis Artikel (Eksperimen Kuasi Pada Siswa Sma Talenta Bandung),” Didaktik, Vol. 7, No. 1, Pp. 49–58, 2021, Doi: Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V7i01.176.

A. Delona And R. Dewi Kartikasari, “Perbandingan Media Powtoon Dan Mind Map Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Smpn 85 Jakarta,” J. Ilm. Semant., Vol. 3, No. 01 Se-Articles, Pp. 21–29, Aug. 2021, Doi: 10.46772/Semantika.V3i01.485.

M. Siti Sya, Mudah Menulis Cerpen. Sukabumi: Jejak, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.

I. A. H. Husna, “Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di Min 7 Tulungagung,” Uin Tulungagung, 2021.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Anugrah, D. W., Hidayati, P. P. ., & Nugraha, E. . (2022). PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERORIENTASI PENOKOHAN DAN PLOT MENGGUNAKAN MIND MAPPING PESERTA DIDIK KELAS XI. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(01), 58–63. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.712

Issue

Section

Articles