ANALISIS JENIS MAKNA KONOTASI LIRIK LAGU PILIHAN LESTI KEJORA ALTERNATIF BAHAN AJAR
DOI:
https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.715Keywords:
jenis makna konotasi, lirik lagu, bahan ajarAbstract
Menganalisis makna konotasi merupakan hal yang sulit dipelajari peserta didik, bahkan masih banyak peserta didik tidak mampu memaknai kata yang bermakna konotasi sebuah karya sastra khususnya puisi berupa lirik lagu.Ppenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna konotasi dan jenis makna konotasi dalam diksi melalui analisis semantik pada 13 Lirik Lagu Pilihan Lesti Kejora serta untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran sastra yang erat kaitannya dengan penyusunan LKPD digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra kelas X di SMA. Penulis menganalisis data kemudian mendeskripsikan secara naratif merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sering menggunakan konotasi tinggi dan ramah untuk menyatakan kata yang memiliki nilai rasa baik dengan makna dikiaskan melalui konotasi tinggi dan ramah. Jenis makna konotasi dalam diksi yang ditemukan meliputi konotasi tinggi, ramah, tidak pantas, tidak enak, keras dan nonsens dengan total keseluruhan jenis makna konotasi dalam diksi ialah 236 data. Berdasarkan hasil uji coba LKPD kepada dua orang pendidik serta diujicobakan kepada sepuluh peserta didik, diantaranya satu peserta didik memperoleh nilai kategori cukup, enam peserta didik memperoleh nilai kategori baik, dan tiga peserta didik memperoleh nilai kategori sangat baik. Oleh karena itu, hasil analisis tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra dalam bentuk LKPD kelas X di SMA.
Kata kunci: jenis makna konotasi, lirik lagu, bahan ajar
References
Yono, Robert Rizki dan Mulyono, Tri. “Nilai Religius dalam Novel Jatuhnya Sang Imam Karya Nawal El Saadawi”. Jurnal Semantika, Vol.1, No.1, 2020, [Online]. Available:http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika.
Handiwiguna, Rendi. dkk. “Pembelajaran Menganalisis Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Imajinatif”, Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1 no. 4, pp. 578, 2018, [Online]. Available: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/955
Rosdiana, Rina. & Putri, Ega S. “Analisis Gaya Bahasa Perulangan pada Lirik Lagu dalam Album Monokrom Karya Tulus dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”, FKIP UNPAK, vol. 1, no. 1, pp. 4, 2021, [Online]. Available: https://journal.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/3215
Djojosuroto, Kinayati. (2005). Puisi, Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.
Irwanzi, Carlina, dan Faizah. “Kata Bermakna Konotasi dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Analisis Bentuk dan Makna”, Jurnal Online Mahasiswa, vol. 3, no. 2, pp. 3, 2016, [Online]. Available: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/10195
Supriyanto. (2021). Pembelajaran Puisi, Apresiasi Dari Dalam Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH (CV. BUDI UTAMA).
Khusnin, Mukhamad. “Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shihrazy dan Implementasinya Terhadap Pengajaran Sastra di SMA”, Seloka, vol. 1, no. 1, pp. 46, 2012, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/121
Yuliantini, Tenti. “Kajian Stilistika Terhadap Diksi Dalam Kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufiq Ismail Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMK”, Wistara, vol. 2, no. 1, pp. 38, 2018, [Online]. Available: https://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/2292
Sugiyono. (2015). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: CV ALFABETA.
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2018). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo.