PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TIKTOK DI SMA

Authors

  • Nabilla Erditha Universitas Pasundan Bandung
  • Dheni Harmaen Universitas Pasundan Bandung
  • Rendy Triandy Universitas Pasundan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.753

Keywords:

Menulis, , Puisi, Media, Tiktok

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran menulis puisi dan rendahnya kemampuan menulis puisi pada peserta didik khususnya pada peserta didik kelas X SMAN 1 Patokbeusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual TikTok; untuk mengetahui efektivitas kemampuan menulis puisi menggunakan media audio visual TikTok pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media audio visual TikTok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik uji coba, teknik tes, observasi dan teknis analisis. Adapun hasil penelitian yaitu, berdasarkan uji Wilcoxon terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi antara kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual TikTok dengan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional karena nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dan berdasarkan output test statistics uji mann whitney, diperoleh Sig (2-tailed) sebesar 0,007. Maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual TikTok efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi karena nilai Sig (2-tailed) 0,007< 0,05.

References

R. R. Yono, “Pendayagunaan Konteks Dalam Tindak Tutur Anak Usia 7 Tahun Di Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan,” Semantika, Vol. 1, No. 1, Pp. 20–30, 2019, [Online]. Available: Http://Jurnal.Umus.Ac.Id/Index.Php/Semantika/Article/View/79/56.

S. Anisatun Nafiah, Model Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Mi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.

Dalman, Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

H. G. Tarigan, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2013.

R. Rikmasari, “Efektifitas Media Buku Catatan Harian Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar,” Unismabekasi, Vol. 1, No. 2, 2013.

P. Y. Kurniawan And Dkk., “Pelatihan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Media

Gambar Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter,” Jamu J. Abdi Masy. Umus, Vol. 1, No. 2, Pp. 37–43, 2021, [Online]. Available: Http://Jurnal.Umus.Ac.Id/Index.Php/Jamu/Article/View/347 .

T. Rahayu And P. Y. Kurniawan, “Pelatihan Membaca Dan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Tpa Al-Husna,” Jamu J. Abdi Masy. Umus, Vol. 2, No. 1, Pp. 89–96, 2021, [Online]. Available: Http://Jurnal.Umus.Ac.Id/Index.Php/Jamu/Article/View/552 .

M. Wulandari, Y., & Jannah, “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Min 38 Aceh Besar,” Pros. Semin. Nasonal Biot., Vol. 6, No. 1, 2018.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

R. R. Yono, “Pelatihan Membaca Puisi Bagi Siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan,” Cendekia J. Pengabdi. Masy., Vol. 2, No. 2, P. 103, 2020, Doi: 10.32503/Cendekia.V2i2.858.

R. Nasrullah, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi,. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.

P. K. Keller, Manajemen Pemasaran, 13th Ed. Jakarta: Erlangga, 2018

F. Aprilia, “Dampak Negatif Dan Positif Fenomena Aplikasi "Tiktok,” Kompasiana, 2022

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Erditha, N. ., Harmaen, D. ., & Triandy, R. . (2022). PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TIKTOK DI SMA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(01), 64–71. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.753

Issue

Section

Articles