EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MODEL MOODY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

Authors

  • Agnes Apryliana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.77

Keywords:

model, moody, puisi

Abstract

Pembelajaran menulis menjadi salah satu materi yang harus dipelajari dan dikuasi oleh mahasiswa dalam matakuliah Apresiasi dan Kajian Puisi. Pembelajaran menulis puisi tidak sekedar mengungkapkan gagasan, namun juga menyampaikan pesan secara tersirat yang terkandung dalam pilihan kata pada puisi. Oleh karena itu, kemampuan menulis puisi wajib untuk dikuasai oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektian Model Moody dalam pembelajaran menulis puisi yang berbantukan objek mati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi dengan membandingkan dua model dalam pembelajaran, yaitu model tradisional dan model Moody. Subjek uji coba adalah mahasiswa PBSI UMUS semester 2 tahun ajaran 2018/2019 yang diambil secara random. Prosedur penelitian memiliki tiga tahap, yaitu (1) tahap ujicoba instrumen penilaian dan uji normalitas, (2) tahap pembelajaran, (3) tahap uji akhir. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dalam bentuk tertulis. Berdasarkan hasil uji beda yang dilakukan menghasilkan skor t hitung ≥ t table dengan skor probabilitas 0,000. Hal tersebut menunjukan bahwa implementasi Model Moody efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada matakuliah Apresiasi dan Kajian Puisi

Downloads

Published

2019-08-29

How to Cite

Apryliana, A. (2019). EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MODEL MOODY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.77

Issue

Section

Articles