PENDAYAGUNAAN KONTEKS DALAM TINDAK TUTUR ANAK USIA 7 TAHUN DI MADRASAH DINIYAH TA’LIMUL HUDA DESA RANDUSANGA WETAN

Authors

  • Robert Rizki Yono Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.79

Keywords:

Konteks, tindak tutur, anak

Abstract

Seorang anak yang berusia tujuh tahun mempunyai kekhasan tersendiri dalam menggunakan bahasa. Seorang anak berkemungkinan mendayagunakan konteks untuk mendukung tuturannya. Hal ini dipengaruhi oleh cara berpikir anak. Pendayagunaan konteks dalam tindak tutur anak merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan pendayagunaan konteks dalam tindak tutur anak usia tujuh tahun di Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Penelitian  ini  menggunakan  metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini fokus pada pendayagunaan konteks dalam tindak tutur anak usia tujuh tahun di madrasah Randusanga Wetan. Berdasarkan hasil analisis data tentang pendayagunaan konteks pada anak usia tujuh tahun di Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan sebagai berikut. Pertama, Pendayagunaan konteks tempat untuk mendukung permohonannya dan menyatakan keberadaannya. Kedua, Pendayagunaan konteks waktu untuk menolak, meminta, dan mendukung keberhasilan menyatakan pendapatnya. Ketiga, Pendayagunaan konteks peristiwa untuk menyarankan dan meminta. Keempat, Pendayagunaan konteks suasana untuk mengajukan permintaannya kepada Pak Ustad Imam agar pulang lebih awal. Kelima, Pendayagunaan konteks orang Sekitar untuk mendukung permintaannya penutur agar dibelikan mainan dan mengancam

Downloads

Published

2019-08-29

How to Cite

Rizki Yono, R. (2019). PENDAYAGUNAAN KONTEKS DALAM TINDAK TUTUR ANAK USIA 7 TAHUN DI MADRASAH DINIYAH TA’LIMUL HUDA DESA RANDUSANGA WETAN. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.79

Issue

Section

Articles