PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMAIN DRAMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA SMA

Authors

  • Ghufroni Ghufroni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia
  • Marlia Ratna Dewi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.80

Keywords:

bahan ajar, bermain drama, model pembelajaran SAVI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bermain drama dengan model SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) sebagai sarana untuk meningkatkan pembelajaran drama bagi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan  sumber data dan kebutuhan prototipe bahan ajar siswa dan guru SMA. Untuk memvalidasi kebutuhan prototipe bahan ajar drama dilakukan uji pakar dan uji lapangan. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa terhadap bahan ajar bermain drama dengan model SAVI secara keseluruhan modul pembelajaran layak untuk dikembangkan dengan aturan kebahasaan yang baik dan tampilan bahan ajar pada gambar yang lebih menarik  Sedangkan penilaian  prototipe  oleh  ahli  diperoleh  hasil kategori baik. Adapun penilaian rata-rata yang diberikan oleh tiga orang guru dengan model dan aspek yang sama juga menghasilkan kategori baik   Berdasarkan penilaian ahli dan guru, maka nilai rata-rata prototipe bahan ajar bermain drama dengan model SAVI termasuk kategori baik. Maka berdasarkan penilaian ahli dan guru, bahan ajar yang   dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Hasil akhir penelitian ini berupa prototipe bahan ajar bermain drama sebagai sarana untuk meningkatkan pembelajaran drama dalam bentuk buku ajar. Buku tersebut berjudul: Mengembangkan Kreatifitas Bermain Drama

Downloads

Published

2019-08-29

How to Cite

Ghufroni, G., & Ratna Dewi, M. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMAIN DRAMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA SMA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 31–46. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.80

Issue

Section

Articles