PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI KELAS X

Authors

  • Dindin Zaenal Muchyi Universitas Pasundan Bandung
  • Yeni Cania Puspita Universitas Pasundan Bandung
  • Meigi Imelda Universitas Pasundan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.827

Keywords:

Pembelajaran Membaca Puisi, Kepercayaan Diri, Metode Demonstrasi

Abstract

Salah satu kurangnya minat dalam pembelajaran membaca puisi tersebut adalah membangun kepercayaan diri pada masing-masing peserta didik. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran membaca puisi dengan menerapkan metode demonstrasi dengan tujuan membangun kepercayaan diri peserta didik kelas X SMKN 4 Bandung. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik observasi, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian 1) Peneliti mampu meningkatkan hasil belajar dari pembelajaran membaca puisi dengan memperhatikan unsur batin dan teknik membaca puisi pada peserta didik kelas X dengan menerapkan metode demonstrasi dalam membangun kepercayaan diri peserta didik kelas X SMKN 4 Bandung. 2) Rata- rata nilai pretes dari kelas eksperimen sebesar 75,26 sedangkan hasil kelas kontrol adalah 73,7. Hasil postes kelas eksperimen adalah 85,00, sedangkan hasil postes kelas kontrol adalah 81,3. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar dan kepercayaan diri pada peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran membaca puisi daripada kelas kontrol dengan metode head number together. Pengujian keefektifan ini menggunakan uji Indenpendent T-test dilihat pada tabel T-test dari Mean kelas eksperimen 9,67 yang lebih besar dari kelas kontrol.

References

Yono And Mulyono, “Nilai Religius dalam Novel Jatuhnya Sang Imam Karya Nalawa El Saadawi,” J. Semantka, Vol. 1, No. 2, 2020.

A. R. I. Amri, “Peningkatan Rasa Percaya Diri Dalam Membaca Puisi Untuk Siswa Kelas V Sd Dengan Menggunakan Media Instrumen Lagu,” J. Online Pgsd Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, P. 7, 2016.

J. Pendidikan, B. Indonesia, U. H. Oleo, K. Bumi, And T. Andounohu, “Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas Viii Mtsn 1 Kendari,” J. Bastra (Bahasa Dan Sastra), Vol. 6, No. 3, 2021, [Online]. Available: Http://Ojs.Uho.Ac.Id/Index.Php/Bastra/Article/View/17743/Pdf.

F. Arofah And M. Anis, “Pengembangan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Teknik Permodelan Par (Participatory Action Research) Pada Siswa,” Ghancaran J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., Vol. 2, P. 36, Jul. 2020, Doi: 10.19105/Ghancaran.V2i1.2991.

R. R. Yono, “Pelatihan Membaca Puisi Bagi Siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan,” Cendekia J. Pengabdi. Masy., Vol. 2, No. 2, P. 103, 2020,

Doi: 10.32503/Cendekia.V2i2.858.

M. H. M. Anwar, Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenamedia Group, 2018.

Z. K. Mabruri, “Kajian Tipografi Puisi-Puisi Indonesia,” Prakerta (Jurnal Penelit. Bahasa, Sastra Dan Pengajaran Bhs. Indones., Vol. 3, No. 1, 2020.

Bahtiar And L. Ranani, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas V Sdn 8 Kusambi,” J. Basication J. Pendidik. Dasar, Vol. 2, No. 3, 2019, [Online]. Available: Http://Ojs.Uho.Ac.Id/Index.Php/Pgsd/Article/View/14357.

Relawati, “Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Model Think Pair Share (Tps) Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Margasari 06 Semester Ii Tahun 2018/2019,” Dialekt. J. Pendidik., Vol. 4, No. 2, 2020, [Online]. Available: Https://Journal.Peradaban.Ac.Id/Index.Php/Dfkip/Article/View/647.

Y. D. K. Sari, L. Chamisijatin, And B. Santoso, “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Iv Dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran Di Sdn 1 Sumbersari Kota Malang,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, Vol. 9, No. 2, 2019, [Online]. Available: Https://Jurnal.Umk.Ac.Id/Index.Php/Re/Article/View/3181.

M. S. Situmeang, “Analisis Kelengkapan Struktur Fisik Dan Batin Puisi Oleh Siswa Kelas X Sma Swasta Methodist 8 Medan,” J. Bahastra (Pendidikan Bhs. Dan Sastra Indones., Vol. 6, No. 1, 2021, [Online]. Available: Https://Jurnal.Uisu.Ac.Id/Index.Php/Bahastra/Article/View/3969.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Muchyi, D. Z. ., Puspita, Y. C. ., & Imelda, M. . (2022). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI KELAS X. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(01), 48–57. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.827

Issue

Section

Articles