RITATOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK KELOMPOK B TK KHALIFA-IMS TEGAL

Authors

  • Nurchalistiani Budiana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.84

Keywords:

kemampuan menyimak, bercerita, ritatoon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui metode bercerita dengan media ritatoon pada anak kelompok B TK Khalifa-IMS Tegal.  Penelitian ini dilakukan karena  terdapat permasalahan di kelas terkait  kemampuan menyimak di kelas B. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Khalifa-IMS Tegal, dengan jumlah  siswa sebanyak 15 anak. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang  digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Khalifa-IMS Tegal dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan media ritatoon. Tahap dalam proses menyimak yang dilakukan antara lain anak  mendengarkan cerita  yang disampaikan guru,  anak mengerti dan memahami  dengan  baik isi cerita. Setelah anak memahami cerita, anak menginterpretasikan isi cerita dengan bercerita kembali, serta anak menanggapi pertanyaan yang diberikan guru. Guru memberi penguatan berupa reward kepada anak setelah  anak bercerita kembali. Pada tahap pra tindakan  persentase pencapaian kemampuan menyimak  anak sebanyak  47,1%  pada  kriteria mulai berkembang (MB), kemudian meningkat pada siklus I menjadi 66,1% berada  pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II persentase pencapaian kemampuan menyimak anak meningkat menjadi 85% pada kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Downloads

Published

2019-08-29

How to Cite

Budiana, N. (2019). RITATOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK KELOMPOK B TK KHALIFA-IMS TEGAL. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 76–86. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.84

Issue

Section

Articles